Jetski | www.bestdubaiholidays.com

Jetski | www.bestdubaiholidays.com

JAKARTA, NIASONLINE – Kejadian naas menimpa pengguna jetski di kawasan wisata Baloho, Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan (Nisel) kemarin, Senin (30/12/2013).

Kejadian itu menimpa seorang pemuda bernama Miseri Cordias Laia (27 tahun). Saat bermain jetski bersama temannya kemarin, mereka mengalami kecelakaan. Beberapa informasi menyebutkan, saat ditemukan, jetski dalam keadaan terbalik. Pria yang akrab dipanggil Rico tersebut juga tidak ditemukan di lokasi kejadian. Sementara temannya dikabarkan selamat.

Upaya pencarian dilakukan sampai dinihari. Sekitar pukul 03.00 wib dinihari, Rico ditemukan dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Namun sayang, nyawa Rico tidak dapat diselamatkan.

Beberapa informasi mengenai kejadian tersebut diperoleh Nias Online sejak tadi malam. Penyebab kecelakaan tersebut belum diketahui.

Libertin Laia, kakak kandung dari Rico, juga membenarkan kejadian itu dan mengaku sangat sedih atas kejadian yang menimpa adiknya. Rico merupakan anak keempat dan belum berkeluarga.

“Terima kasih Tuhan untuk mujizat dimana Rico bisa ditemukan. Jika ternyata Engkau berkehendak lain, memanggil Rico pulang kepada-Mu, Tuhan beri kami kuat-Mu,” ujar Libertin.

Libertin sendiri yang berdomisili di Pekanbaru akan terbang hari ini ke Medan bersama keluarganya. Selanjutnya, baru akan terbang ke Pulau Nias pada esok hari karena keterbatasan tiket.

Kawasan Baloho merupakan kawasan wisata baru di Kabupaten Nisel. Saat ini, menjadi tempat alternatif menikmati liburan dan waktu senggang selain berbagai pantai dan objek wisata lainnya di Kabupaten Nias Selatan.

Lokasinya yang dekat dengan kota kabupaten membuat tempat ini menjadi tempat favorit baik pada hari biasa maupun pada akhir pekan atau pada hari libur.

Berbagai fasilitas tersedia di tempat itu sebagai penunjang kebutuhan bersantai, selain menikmati pemandangan dan berenang laut. Salah satunya, fasilitas jetski yang menurut beberapa informasi biasanya disewakan kepada publik.

Jetski Pemda Nisel

Berdasarkan informasi yang dihimpun Nias Online, fasilitas jetski yang dioperasikan di Pantai Baloho tersebut milik Pemda Nisel.

Informasi itu dibenarkan oleh Wakil Ketua DPRD Nias Selatan Sozanolo Ndruru bahwa Pemda Nisel pernah menganggarkan dan membeli jetski. Dan juga bahwa jetski tersebut yang kini dioperasikan di Pantai Baloho.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Faböwösa Laia. Menurut dia, jetski itu ditempatkan di sana karena Pemda Nisel tidak memiliki ‘parkir’ tambatan untuk jetski.

“Jadi, sekalian dititipkan di sana sekaligus menjaga jetskinya,” kata dia.
Dia menjelaskan, jetski itu tidak hanya digunakan di Pantai Baloho. Juga sering digunakan di tempat lain. Misalnya untuk melakukan penyelamatan saat terjadi peristiwa adanya warga tenggelam di Lagundri dan Hilisataro. Juga digunakan untuk mengantar turis ke Pantai Sobatu.

Dia mengakui bahwa jetski aset Pemda tersebut disewakan untuk umum. Namun, bukan untuk tujuan komersil, tapi sekedar untuk biaya perawatan.

“Sebab, kalau diparkir begitu saja, maka jetskinya akan cepat berkarat dan rusak,” jelas dia.

Dia mengatakan, tujuan utama pengadaan jetski itu adalah untuk penyelamatan warga di pesisir pantai.

“Dan selama ini sangat efektif dan bermanfaat pada beberapa musibah tenggelamnya warga,” kata dia. Dan beberapa kali membantu turis untuk transportasi menuju titik spot surfing di kawasan Sobatu di dekat Pantai Sorake,” papar dia.

Terkait siapa pemilik Pantai Baloho tersebut, dia mengatakan itu bukan milik Pemda maupun Bupati.

“Itu kawasan yang baru dibuka masyarakat setempat pada dua tahun terakhir. Dan pengunjung pada hari libur luar biasa banyak. Mungkin karena terhitung bupati sering berkunjung ke Baloho, maka banyak diasumsikan orang bahwa itu punya bupati. Itu bukan milik Pemda Nisel dan juga bukan milik Bupati,” tutur dia.(en)

Facebook Comments