Peta Kepulauan Nias | niaspost.com

Peta Kepulauan Nias | niaspost.com

NIASONLINE, JAKARTA – Semangat pembentukan daerah otonomi baru di Kepulauan Nias ternyata belum reda. Kali ini, Kabupaten Nias Selatan (Nisel) diusulkan untuk dimekarkan menjadi empat kabupaten atau daerah otonomi baru.

Tiga daerah otonomi baru yang diusulkan telah mendapat persetujuan dalam rapat paripurna DPRD Nisel yang digelar pada Sabtu, 23 November 2013.

“Iya sudah disetujui dalam rapat paripurna pada 23 November 2013,” ujar Wakil Ketua DPRD Nisel Sozanolo Ndruru melalui pesan singkat kepada Nias Online, Kamis (28/11/2013).

Adapun ketiga kabupaten baru tersebut adalah Kabupaten Kepulauan Batu yang mencakup wilayah kepulauan di kawasan itu. Kemudian, Kabupaten Nias Tengah yang terdiri dari Kecamatan Lölöwa’u, Lölömatua, Hilimegai, Amandraya, Aramö dan kecamatan pemekaran baru.
Sedangkan yang ketiga, Kabupaten Börönadu Nias Timur yang mencakup wilayah Gomo dan sekitarnya.

Persetujuan itu merupakan salah satu syarat yang diperlukan untuk mengajukan usulan pemekaran itu ke tingkat yang lebih tinggi hingga di tingkat pusat. Bila ketiga usulan itu dimekarkan, maka wilayah Nisel saat ini akan terpecah menjadi empat daerah otonomi. (en)

Facebook Comments