KTP Elektronik Kini Berlaku Seumur Hidup

Tuesday, November 26, 2013
By susuwongi

Ilustrasi e-KTP/IST

Ilustrasi e-KTP/IST

NIASONLINE, JAKARTA – Sebuah terobosan baru dihasilkan antara DPR dan Pemerintah terkait Kartu Tanda Penduduk (KTP). Melalui pengesahan perubahan UU No. 35/2006 tentang Administrasi Kependudukan di Sidang Paripurna DPR RI hari ini, KTP Elektronik ditetapkan berlaku seumur hidup.

Penetapan KTP Elektronik berlaku seumur hidup itu tertuang dalam pasal 64 ayat 4 huruf a UU tersebut. Sementara KTP orang asing menyesuaikan dengan masa berlaku izin tinggal tetap. Sebelumnya, masa berlaku KTP elektronik ditetapkan lima tahun dan menjelang habis, harus mengurus perpanjangannya kembali.

“KTP Elektronik berlaku seumur hidup, termasuk KTP Elektronik yang sudah diterbitkan sebelum UU ini disahkan,” jelas Wakil Ketua Komisi II DPR RI Arif Wibowo saat membacakan pembahasan UU tersebut dalam rapat paripurana DPR RI di Senayan, Jakarta, Selasa (26/11/2013).

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan, seluruh proses pengurusan dan penerbitan dokumen adminsitrasi kependudukan berupa penerbitan baru, penggantian karena rusak atau hilang, perbaikan akibat salah tulis, dan atau akibat perubahan elemen data juga digratiskan.. Sedangkan perubahan yang dimaksud adalah bila terjadi perubahan status. Misalnya, penambahan gelar akademik atau berpindah domisili.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan, dengan pemberlakukan KTP seumur hidup tersebut, menghemat anggaran sebanyak Rp 4 triliun setiap lima tahun. Hal itu dengan asumsi pembuatan satu KTP mencapai Rp 16 ribu.

“Dana itu tidak perlu lagi karena KTP berlaku seumur hidup,” jelas dia usai rapat paripurna.

Tak hanya KTP yang gratis, kata Gamawan, pembuatan administrasi kependudukan lainnya seperti pembuatan akte kelahiran, dan Kartu Kematian juga gratis karena menjadi tanggungjawab pemerintah pusat.

“Pemerintah tidak boleh memungut biaya untuk pengurusan akte ini,” jelas dia.
Gamawan mengatakan, penggratisan pembuatan dokumen kependudukan itu mulai efektif berlaku pada Januari 2014. Aparat yang memungut biaya, kata Gamawan, bisa dijerat pidana 2 tahun penjara dengan denda seberat-beratnya Rp 25 juta.

Penerbitan dokumen kependudukan itu, khususnya Akta Kelahiran semuanya dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Dengan itu, maka pengurusan Akta Kelahiran tidak lagi harus melalui pengadilan.

Penghayat Kepercayaan

Undang-Undang ini juga memberi kelegaaan kepada para penghayat kepercayaan. Mereka akan diberikan keleluasaan untuk mendapatkan KTP meski dalam KTP mereka tidak akan diberikan status agama penghayat kepercayaan. Hanya 6 agama yang diakui yang bisa dicantumkan di KTP. Yakni, Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu.

“Meski tidak masuk ke salah satu agama resmi, penghayat kepercayaan tidak akan dihalangi untuk memperoleh tanda kependudukan,” jelas dia.

Dia juga mengungkapkan, akan melakukan sosialisasi dengan para kepala dinas terkait perubahan dalam UU tersebut. (en)

2 Responses to “KTP Elektronik Kini Berlaku Seumur Hidup”

  1. 1
    Fon Delau Says:

    Mantap..ni baru jlas seharusnya KTP seumur hidup ini sudah di berlakukan 10 thun sbelomnya atau pada saat di berlakukan GRATIS, dan lbh bgusnya lgi Sim Kendaraan Di buat se umur Hidup juga..

  2. 2
    Srimuliani Handoyokusumo Says:

    (Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

November 2013
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930