Ilustrasi | IST

Ilustrasi | IST

NIASONLINE, JAKARTA – Guna meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan, warga Inggris didorong untuk menguasai sedikitnya 1.000 kata dari bahasa lain.

Hal itu dilakukan melalui sebuah kampanye dengan nama 1.000 Words Campaign. Sebuah kampanye yang bermula dari kekuatiran bahwa Inggris kurang mampun bersaing dalam perdagangan internasional dan lapangan kerja karena ketrampilan berbahasa yang buruk.

Dengan 1.000 kata yang dikuasai, maka seseorang diperkirakan sudah bisa melakukan pembicaraan sederhana dalam bahasa asing tadi.

Dikutip dari BBC Indonesia, kampanye itu sebagai bagian dari program Speak to the Future. Di dukung oleh berbagai lembaga seperti British Council, Konfederasi Bisnis Ingris (CBI), British Academy, dan berbagai kedutaan maupun lembaga pengajaran.

Vicky Gough dari British Council mengatakan dalam waktu yang lama orang Inggris telah mendapat reputasi sebagai pengguna bahasa yang malas.

“Berbicara menggunakan bahasa yang lain merupakan kunci untuk memahami budaya lain,” kata dia.

Namun, kampanye itu tidak hanya untuk meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan,. Juga ditujukan menghapus pandangan selama ini bahwa hanya orang cerdas yang bisa bahasa asing. (en/BBCIndonesia)

Facebook Comments