Ilustrasi | lchdhealthcare.org

Ilustrasi | lchdhealthcare.org

NIASONLINE, JAKARTA – Indonesia memang masuk 10 besar. Namun, ini bukan untuk hal yang menggemberikan. Sebuah lembaga internasional mengumumkan Indonesia sebagai salah satu negara dengan penderita diabetes terbesar di dunia.

“Indonesia masuk 10 negara terbesar dengan penduduk menderita diabetes terbesar di dunia. Indonesia berada di nomor tujuh dengan jumlah penderita 8,5 juta orang,” ujar Senior Vice President of Novo Nordisk International Operation dalam siaran pers Kamis (14/11/2013) yang mengutip laporan dari International Diabetes Federation.

Pengumuman itu bertepatan dengan peringatan hari diabetes dunia pada hari ini.

Dalam daftar tersebut, posisi teratas ditempati oleh China dengan penderita sebanyak 98,4 juta orang, disusul India sebanyak Indoa 65,1 juta orang penderita, dan Amerika sebanyak 24,4 juta orang.

Khusus perkembangan penderita diabetes di negara berkembang seperti di Indonesia, ada fenomena menarik. Yakni, besarnya penderita diabetes baru, khususnya tipe 2 dipengaruhi secara signifikan oleh pola hidup.

Diabetes tip 2 adalah jenis diabetes karena kegagalan pankreas memproduksi insulin ini. Penyebabnya, di antarnaya karena faktor penuaan atau karena kelebihan lemak perut dan kurang olahraga.
“Dan 80 persen penderita diabetes di Indonesia menderita tipe ini,” jelas Doutsdard.

Meski jumlah penderita meningkat signifikan, namun akses layanan kesehatan bagi para penderita diabetes masih minim. Hal itu ditunjukkan dengan baru 46% penderita yang didiagnosa, 44% menerima perawatan dan tidak sampai 1% saja yang mendapatkan terapi yang sesuai. Menurut Doutsdard, hal itu sebagai situasi yang buruk

Secara global, jumlah penderita diabetes mencapai 382 juta orang. Angka kematian mencapai 5,1 juta atau setiap enam detik ada satu penderita diabetes yang meninggal. Pada 2025, jumlah penderita diabetes diperkirakan akan berlipatganda hingga 592 juta orang.

Nah, bila Anda belum terkena diabetes, maka mulai dari sekarang lakukanlah antisipasi yang seharusnya. Salah satunya dengan memiliki pola hidup yang sehat. (en)

Facebook Comments