Disbudpar Rekrut Putra-Putri Nisel Jadi Duta Wisata

Monday, November 4, 2013
By susuwongi

Kadis Budpar Nias Selatan | Faböwösa Laia | Koleksi Pribadi

Kadis Budpar Nias Selatan | Faböwösa Laia | Koleksi Pribadi

NIASONLINE, JAKARTA – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Nias Selatan menggelar acara pencarian putra-putri terbaik yang akan difungsikan untuk keperluan promosi budaya dan wisata daerah Nias Selatan (Nisel).

“Iya benar, pemilihan Ono Matua Ono Alawe Niha Raya yang diselenggarakan Disbudpar Nisel,” ujar Kepala Disbudpar Nisel Faböwösa Laia kepada Nias Online, Senin (4/11/2013).

Dia mengatakan, para peserta terpilih selanjutnya akan dibekali dengan berbagai pengetahuan tentang visi dan misi Bupati, kebijakan Pemda yang sudah, sedang dan akan dilaksanakan, potensi wisata, menjadi pemandu wisata yang baik sehingga mereka trampil untuk menjelaskan kepada tamu-tamu daerah.

“Juga menjadi duta wisata di dalam dan di luar daerah, kita berikan beberapa ketrampilan tentang seni budaya yang ada di Nisel sehingga ke depan mereka dapat mewakili Nisel dalam lomba level Provinsi Sumut dan nasional. Jika mereka memiliki ketrampilan, tidak tertutup kemungkinan mereka kita usulkan menjadi tenaga kontrak Pemda Nisel,” jelas dia.

Faböwösa menjelaskan, dari seluruh peserta, akan diseleksi hingga tinggal menyisakan tiga orang saja, baik dari putra maupu putri. Mereka akan dikelompokkan dalam juara I, II dan III.

“Pemenang Juara I, II dan III dan setelah mendapat pembekalan nanti, maka yang terbaik dari mereka satu orang Ono Matua dan satu orang Ono Alawe Niha Raya akan akan menjadi tenaga kontrak kita,” jelas dia.

Ada pun waktu pendaftaran dibuka selama 1-18 November 2013. Kemudian, technical meeting digelar pada 19 November 2013. Audisi akan digelar pada 20 November 2013. Pada hari yang sama, 10 orang pria dan 10 orang wanita yang lolos akan masuk karantina. Selanjutnya, pada 23 Nov 2013 akan masuk babak grand final untuk menentukan juara I, II dan III.

Juri acara itu terdiri dari dua wanita dan satu pria. Mereka semua berasal dari Medan. Dia menjelaskan, pemilhan juri dari luar disengaja untuk penilaian lebih adil, fair dan objektif. Sedangkan pemandu acara adlah reporter Deli Tv, Medan.

Bagi yang berminat mengikuti seleksi tersebut, bisa mendaftar langsung di Sekretariat Panitia, di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Nias Selatan, Jalan Arah Lagundri Km 7. (EN)

4 Responses to “Disbudpar Rekrut Putra-Putri Nisel Jadi Duta Wisata”

  1. 1
    Jeslyn Alvina Says:

    Kabupaten Nias Selatan lagi berduka dengan telah ditetapkannya 18 orang jadi tersangka maka untuk melupakan duka itu mari kita bergembira ria mengikuti acara pemilihan onomatua dan onoalawe niha raya, mantap kali ide om ku ini.

  2. 2
    Jeslyn Alvina Says:

    oh ya..om, aku lihat om tambah cakep dengan seonggok kembang yang terselip ditelinga omku.

  3. 3
    Yosafat Giawa Says:

    Mantap (y)

  4. 4
    Topan Says:

    Terimakasih atas pelaksanaan pemilihan Ono matua Ono alawe Niha Raya.
    tapi kami sangat berharap tentang apa yg disampaikan diatas,tentang penyeleksian 3 besar PAPI ,,untuk mengikuti pembekalan tersebut,utk di berdayakan menjadi tenaga kontrak di Disparbud.tq

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

November 2013
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930