Peta Kepulauan Nias | beritahankam.blogspot.com

Peta Kepulauan Nias | beritahankam.blogspot.com

NIASONLINE, JAKARTA – Perjuangan untuk memekarkan Kepulauan Nias menjadi sebuah provinsi selangkah mendekati harapan.

Komisi II DPR RI menyetujui usulan itu menjadi salah satu dari 65 usulan daerah otonomi baru (DOB) menjadi RUU Inisiatif DPR RI.

Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Yasonna H Laoly mengatakan, meski belum memiliki rekomendasi Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) sebagai salah satu syarat utama, namun usulan Komisi II tersebut telah mendapatkan persetujuan Paripurna DPR RI.

“Hari ini usulan Provinsi Kepulauan Nias menjadi RUU setelah diketok dalam Sidang Paripurna hari ini. Tidak ada fraksi yang menolak,” ujar anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Yasonna H Laoly kepada Nias Online usai Sidang Paripurna DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (24/10/2013).

Meski mengapresiasi perjuangan panitia pembentukan Provinisi Kepulauan Nias tersebut, Yasonna mengingatkan bahwa tugas berat sudah menanti, yakni melengkapi persyaratan yang tersisa tersebut.

Setelah mendapat persetujuan di Sidang Paripuran DPR RI, selanjutnya akan dilanjutkan dengan pembahasan RUU tersebut bersama pemerintah.

”Jika sudah disahkan, Kita menunggu Surat Presiden untuk dibahas bersama-sama dengan pemerintah. Puji Tuhan, satu tahap besar sudah kita lalui,” jelas dia. (EN)

Facebook Comments