Ilustrasi | Viva.co.id

Ilustrasi | Viva.co.id

NIASONLINE, MEDAN – Berhubung wilayah Sumatera Utara (Sumut) sedang memasuki puncak curah hujan kedua sejak Oktober 2013, masyarakat diminta mewaspadai peningkatan debit air hingga akhir tahun ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah I Medan mengingatkan akibat tingginya debit air itu, berpotensi menyebabkan banjir dan longsor di daerah perbukitan dan lereng gunung.

“Curah hujannya tinggi, otomatis debit air pun meningkat. Selain banjir, juga berpotensi timbulkan longsor,” ujar Kabid Pelayanan Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan Hendra Suwarta di Medan, dikutip Sabtu (19/10/2013).

Beberapa wilayah yang berpeluang turun hujan lebat, kata dia, terutama di wilayah pantai barat seperti Kabupaten Tapanuli Tengah, Mandailing Natal, Kota Sibolga, dan beberapa daerah di Kepulauan Nias.

Tak hanya peningkatan debit air, masyarakat juga diminta mewaspadai terjadinya petir dan angin kencang yang menyertai hujan. Meski akan banyak turun hujan, jelas dia, namun cuaca di Sumut masih akan relatif tinggi, mencapai 34 derajat celsaius. (EN/*)

Facebook Comments