Tes CPNS | seruu.com

Tes CPNS | seruu.com

NIASONLINE, JAKARTA – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini benar-benar menyedot perhatian. Ditandai dengan membludaknya jumlah pelamar, terutama pada jalur umum meski formasi yang tersedia sangat sedikit.

Berdasarkan catatan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Sumut, dari seluruh daerah yang diizinkan menerima CPNS tahun ini, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) dan Nias Utara menduduki peringkat tertinggi jumlah pelamar CPNS.

“Dari 16 daerah yang membuka lowongan CPNS tahun ini, terbanyak pelamarnya di Paluta dan Nias Utara. Paluta sekitar 13 ribu dan Nias Utara sekitar 11 ribu,” ungkap Kabid Pengadaan dan Pembinaan Pegawai, BKD Pemprov Sumut, Kaiman Turnip di Medan, Kamis (10/10/2013).

Khusus di Kepulauan Nias, hanya empat daerah yang diizinkan menerima CPNS baru. Yakni, Kabupaten Nias, Nias Selatan, Nias Barat dan Nias Utara.

Sebelumnya, seperti diberitakan Nias Online, Kabupaten Nias Barat dan Nias Utara jadi sasaran apra pelamar. Selain pelamar dari kedua daerah itu, para pelamar dari Kota Gunungsitoli dan Kabupaten Nias Selatan berbondong-bondong melamar di kedua daerah itu.

Pasalnya, formasi yang tersedia di kedua daerah itu relatif banyak dibanding daerah lainnya.

Khusus untuk jalur umum, Kabupaten Nias mendapatkan alokasi 220 formasi, Kabupaten Nias Barat 200 formasi, Kabupaten Nias Selatan 50 formasi dan Kabupaten Nias Utara 203 formasi.

Ini juga menunjukkan tingginya peminat profesi CPNS. Pasalnya, saat ini di Pulau Nias jumlah lulusan perguruan tinggi semakin banyak seiring dengan banyaknya perguruan tinggi yang beroperasi saat ini di sana. Sementara saat yang sama, sampai saat ini, profesi sebagai PNS dianggap sebagai kesempatan yang paling baik dan menjanjikan masa depan.

“Di sini, sekarang jumlah lulusan perguruan tinggi melimpah. Semuanya ingin jadi PNS. Banyak yang kuliah itu semata-mata agar memenuhi syarat untuk melamar jadi PNS,” ujar salah satu warga. (EN)

Facebook Comments