Peta Kepulauan Batu | NO

Peta Kepulauan Batu | NO

NIASONLINE, JAKARTA – Persiapan pengusulan pembentukan Kabupaten Kepulauan Batu memasuki babak baru. Panitia pemekaran yang dipimpin oleh Pdt. FL. Bidaya telah menyelesaikan dokumen usulan tersebut.

Selanjutnya, dokumen usulan yang akan memisahkan Kepulauan Batu dari Kabupaten Nias Selatan (Nisel) tersebut diserahkan kepada Pemda dan DPRD.

“Usul pemekaran Kabupaten Kepulauan Batu, Nisel resmi diserahkan oleh panitia kepada Bupati Nisel pada Rabu (2/10/2013) pada pukul 08.00 wib. Selanjutnya, kepada DPRD Nisel pada Kamis (3/10/2013) pukul 14.00 wib,” ujar Pdt FL Bidaya kepada Nias Online, Jum’at (3/10/2013).

Kepulauan Batu merupakan gugusan kepulauan di selatan Kabupaten Nisel. Berjarak 48 mil laut dari kota Telukdalam, ibukota Kabupaten Nisel. Terdiri dari tujuh kecamatan, 87 desa, satu kelurahan dan penduduk lebih dari 48 ribu orang.

Untuk langkah selanjutnya, jelas dia, menunggu rekomendasi DPRD dan Bupati Nisel. Setelah mendapatkan rekomendasi itu, panitia akan ke Gubernur dan DPRD Provinsi Sumatera Utara. Setelah mendapatkan rekomendasi itu, pihaknya akan melanjutkannya kepada pemerintah pusat.

Dia menjelaskan, alasan pemekaran, karena Kepulauan Batu yang terdiri dari 101 pulau merupakan daerah terpencil dan pulau terluar. Selain itu, juga untuk memperpendek rentang kendali pemerintahan dan untuk mensejahterakan masyarakat.

“Sektor andalannya, kelautan dan perikanan, perkebunan dan kehutanan dan pariwisata,” kata dia. (EN)

Facebook Comments