Usulan Pemekaran Kab. Kepulauan Batu Diserahkan ke DPRD & Bupati Nisel

Friday, October 4, 2013
By susuwongi

Peta Kepulauan Batu | NO

Peta Kepulauan Batu | NO

NIASONLINE, JAKARTA – Persiapan pengusulan pembentukan Kabupaten Kepulauan Batu memasuki babak baru. Panitia pemekaran yang dipimpin oleh Pdt. FL. Bidaya telah menyelesaikan dokumen usulan tersebut.

Selanjutnya, dokumen usulan yang akan memisahkan Kepulauan Batu dari Kabupaten Nias Selatan (Nisel) tersebut diserahkan kepada Pemda dan DPRD.

“Usul pemekaran Kabupaten Kepulauan Batu, Nisel resmi diserahkan oleh panitia kepada Bupati Nisel pada Rabu (2/10/2013) pada pukul 08.00 wib. Selanjutnya, kepada DPRD Nisel pada Kamis (3/10/2013) pukul 14.00 wib,” ujar Pdt FL Bidaya kepada Nias Online, Jum’at (3/10/2013).

Kepulauan Batu merupakan gugusan kepulauan di selatan Kabupaten Nisel. Berjarak 48 mil laut dari kota Telukdalam, ibukota Kabupaten Nisel. Terdiri dari tujuh kecamatan, 87 desa, satu kelurahan dan penduduk lebih dari 48 ribu orang.

Untuk langkah selanjutnya, jelas dia, menunggu rekomendasi DPRD dan Bupati Nisel. Setelah mendapatkan rekomendasi itu, panitia akan ke Gubernur dan DPRD Provinsi Sumatera Utara. Setelah mendapatkan rekomendasi itu, pihaknya akan melanjutkannya kepada pemerintah pusat.

Dia menjelaskan, alasan pemekaran, karena Kepulauan Batu yang terdiri dari 101 pulau merupakan daerah terpencil dan pulau terluar. Selain itu, juga untuk memperpendek rentang kendali pemerintahan dan untuk mensejahterakan masyarakat.

“Sektor andalannya, kelautan dan perikanan, perkebunan dan kehutanan dan pariwisata,” kata dia. (EN)

Tags:

5 Responses to “Usulan Pemekaran Kab. Kepulauan Batu Diserahkan ke DPRD & Bupati Nisel”

  1. 1
    Yason Zai Says:

    Kalau boleh usul nama usulan DOB Kepulauan Batu: “KABUPATEN NIAS KEPULAUAN BATU” Nama NIAS tetap ABADI yg merupakan Suku yg memiliki Peradaban Unik, kita sebagai ONONIHA, shgl, Ya’ahowu!

    Yason Zai

  2. 2
    Victorya Laiya Says:

    mari kita dukung pemekaran kepulauan ini….!!!
    demi hulobatu yg cemerlang.

  3. 3
    Adin Tello Says:

    kalau kita mau nias berkembang dan maju, mewujudkan pulau-pulau batu jadi
    kabupaten yang mandiri adalh salh satu solusinya……kami tunggu janji manis bapak Bupati Nisel,DPRD yang akan mendukung pembentukan kabupaten Pulau-pulau batu yang mandiri…. semoga tuhan selalu memberikan berqah untuk kita semua, amin

  4. 4
    AgZa Man Says:

    aq berharap ucapan bupati untuk menjadikan pulau pulau batu menjadi kabupaten tidak tinggal. dan harapan saya juga kpd warga pulau pulau batu mari bersama kita mensukseskan pemekaran ini dengan doa.

  5. 5
    Amos Gari Says:

    Pulau batu bukan hanya sebuah ekspektasi tapi sebuah kebutuhan agar menjadi kabupaten,,,, masyarakat HB akan lebih sejahtera bila pemekaran kabupaten ini terealisasi dengan cepat…ayo pemerhati marilah kita bergandeng tangan menyukseskan pemekaran hulo batu

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

October 2013
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031