Ilustrasi pelamar CPNS | Tribunnews.com

Ilustrasi pelamar CPNS | Tribunnews.com

NIASONLINE, JAKARTA – Pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini benar-benar heboh. Selain jumlah peminat yang sangat banyak, ketiadaan batasan wilayah membuat pelamaran kali ini sangat ramai.

Dari informasi yang dihimpun redaksi, para pelamar CPNS ternyata tidak semua mendaftar di wilayah asalnya. Banyak yang memilih mendaftar di kabupaten lain.

“Di sini ramai sekali. Banyak sekali yang mengejar untuk melamar di kabupaten Nias Barat bahkan hingga Nias Utara,” ujar salah satu warga Nias Selatan yang tidak ingin disebutkan namanya, Rabu (2/10/2013).

Dia menjelaskan, alasan para pelamar tersebut karena di Nias Selatan hanya tersedia 50 formasi CPNS baru dari jalur umum. Sedangkan di Nias Barat dan Nias Utara relatif banyak.

Dia mengatakan, saat ini di tempatnya banyak sekali lulusan sarjana dan membutuhkan pekerjaan. Salah satu yang selama ini jadi target mereka adalah menjadi PNS.

Tidak hanya dari Nias Selatan. Dari wilayah Kota Gunungsitoli ataupun Kabupaten Nias juga ada yang mengejar kesempatan dengan mendaftar di wilayah lain seperti Nias Barat dan Nias Utara.

“Dari Gusit atau Nias ada yang mengejar ke Nias Utara dan Nias Barat. Alasannya, di kedua wilayah itu posisi yang dilamar lebih banyak dibanding di daerah lain,” ujar Dewi, warga Gunungsitoli.

Ternyata para pelamar tidak hanya berasal dari Kepulauan Nias. Ada juga yang datang dari luar, seperti Medan dan sekitarnya.

Juga tidak sedikit yang kecewa dan pesimis setelah mengetahui posisi yang akan dilamar ternyata hanya tersedia sangat sedikit. Sebagai contoh, formasi untuk posisi guru bidang studi tertentu di kabupaten tertentu hanya tersedia satu posisi. Sementara yang melamar mencapai ratusan orang. Meski begitu, mereka tetap memasukkan lamaran mereka.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sumatera Utara (Sumut) Pandapotan Siregar memaparkan formasi CPNS dari jalur pelamar umum di setiap wilayah di Pulau Nias.

Rinciannya yakni, Kabupaten Nias 220 formasi, Kabupaten Nias Barat 200 formasi, Kabupaten Nias Selatan 50 formasi dan Kabupaten Nias Utara 203 formasi. Sedangkan Kota Gunungsitoli, seperti ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB), Kota Gunungsitoli tidak diizinkan menerima CPNS baru.

Selain itu, Kementerian PAN-RB juga tidak membatasi wilayah domisili pelamar. Artinya, meski bukan warga domisili daerah yang membuka lowongan CPNS, pelamar bisa mendaftar dan mengikuti seleksi. (EN)

Facebook Comments