Logo APEC 2013 | IST

Logo APEC 2013 | IST

NIASONLINE, JAKARTA – Anda yang berencana berwisata atau punya urusan ke Pulau Bali dalam beberapa hari ke depan, sebaiknya pertimbangkan lagi. Bila tidak mendesak sekali, sebaiknya jangan ke sana dulu.

Pasalnya, dalam beberapa hari ke depan ini, akan berlangsung agenda Konferensi Tingkat Tinggi APEC. Pertemuan itu akan dihadiri oleh puluhan kepala negara dan para pejabat tinggi yang menyertai mereka. Di antara mereka, termasuk Presiden Barack Obama.

Nah, karena kehadiran para tokoh dunia itu, pengamanan di seluruh wilayah Bali sangat ketat. Baik di bandara, udara maupun laut/pelabuhan. Akses masuk dijaga ketat dan semua orang yang masuk Bali menjalani pemeriksaan.

Tidak hanya itu, jadwal penerbangan komersil ke Bandara Ngurah Rai juga dipastikan akan terganggu. Pada jam tertentu, bandara akan ditutup total hanya untuk keperluan penerbangan para peserta KTT.

“Kami memberlakukan penutupan parsial (partial close) untuk menjaga agar tidak terjadi stagnasi di udara dan darat saat kedatangan para tamu negara. Kami mengatur kedatangan penerbangan komersil. Sedangkan penerbangan VVIP tidak bisa diatur. Penutupan bandara akan berlaku ada 6-9 Oktober 2013,” ujar Safety Manager PT Angkasa Pura I Bandara Ngurah Rai, Efferson Siregar dikutip Rabu (2/10/2013).

Informasi penutupan bandara tersebut telah diinformasikan kepada seluruh bandara di seluruh dunia. Juga kepada para maskapai penerbangan. Penundaan penerbangan komersil akan berlangsung selama 7-10 jam per hari. Dan total penerbangan yang akan tertunda mencapai 460 penerbangan. Itu akan menyebabkan terjadinya penumpukan penumpang di bandara.

Dia memerinci, pada 6 Oktober, penerbangan komersial ditutup mulai pukul 10.00 – 20.00 WITA. Pada 8 Oktober ditutup mulai pukul 13.00 – 20.00 WITA. Pada 9 Oktober ditutup mulai pukul 07.00 – 14.00 WITA.

Bahkan, kata dia, tidak tertutup kemungkinan adanya penutupan bila ada kepala negara yang datang lebih awal pad 5 Oktober. Khusus untuk kedatangan lebih awal tersebut, sesuai aturan, maka penerbangan VVIP akan mendapat prioritas. Akan ada penghentian seluruh kegiatan penerbangan selama 30 menit sebelum mendarat dan 15 menit setelah mendarat.

Mengantisipasi perubahan kegiatan operasional bandara tersebut, sejumlah maskapai telah mengatur ulang jadwal penerbangan mereka menuju dan dari Bali.

Nah, apakah Anda termasuk yang memiliki jadwal terbang pada tanggal pelaksanaan kegiatan APEC tersebut? Sebaiknya, tinjau kembali tiket dan jadwal penerbangan yang Anda akan gunakan. Kalau terpaksa ke sana, maka pastikan rencana Anda jelas dan jangan lupa bawa identitas diri yang masih berlaku dan resmi. (EN/*)

Facebook Comments