Kadis Budpar Nias Selatan | Faböwösa Laia | Koleksi Pribadi

Kadis Budpar Nias Selatan | Faböwösa Laia | Koleksi Pribadi

NIASONLINE, JAKARTA – Dua tahun lalu, tepatnya pada Jum’at (16/9/2011) kepada Nias Online, Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi mengungkapkan keinginan mengajukan Nias Selatan sebagai pelaksana kegiatan Sail pada 2014.

Dia mengatakan, saat itu Nias Selatan telah menjadi salah satu nominator untuk pelaksanaan Sail pada 2014. Bahkan, Nias Selatan mewakili Sumatera Utara dalam pengajuan ke pemerintah pusat.

Dua tahun berlalu, rencana yang baik itu terpaksa diurungkan, atau minimal harus ditunda. Pasalnya, tidak memungkinkan memenuhi syarat yang dibutuhkan dalam dua tahun mendatang.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nias Selatan Faböwösa Laia yang baru pulang memenuhi undangan menghadiri acara Sail Komodo di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

“Iya, kita diundang menyaksikan acara puncak Sail Komodo di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT kemarin yang diresmikan Presiden SBY karena semula kita ada wacana untuk mengajukan usul Sail Sorake untuk mengangkat potensi pariwisata Nisel. Tapi ternyata 5 syarat utama sepertinya akan susah kita penuhi dalam waktu satu atau dua tahun ke depan, antara lain pasokan listrik yang cukup, air bersih, hotel, restorean dan sarana transportasi,” ujar dia kepada Nias Online, Selasa (17/9/2013).

Dia menjelaskan, syarat itu sudah permanen ditetapkan oleh Dewan Kelautan Indonesia dan menjadi dasar pertimbangan dalam setiap pembahasan usulan Sail dari daerah.

“Setelah kita saksikan langsung di Kabupaten Manggarai Barat, ini ternyata berat juga.
Artinya harus ada support luarbiasa dari Gubernur Sumut,” jelas dia.

Dia juga memastikan usulan Pemkab Nisel sebelumnya untuk menggelar Sail telah diajukan secara resmi.

Seperti diketahui, untuk tahun depan, pemerintah menetapkan Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat sebagai pelaksana acara Sail.

Sementara itu, Presiden SBY, seperti dikutip dari akun Twitternya @SBYudhoyono beberapa saat lalu memastikan, acara Sail tersebut akan terus dilakukan menjadi acara tahunan.
SBY menilai, pelaksanaan Sail selama lima tahun terakhir terbukti memberikan manfaat sosial dan ekonomi yang nyata. (EN)

Facebook Comments