NIASONLINE, Jakarta – Dari hasil jajak pendapat yang diselenggarakan selama 3 bulan dari tanggal 14 Juni s/d 13 September 2014, para pengunjung Nias Online menempatkan 1 putri dan 3 putra Ono Niha sebagai calon yang layak menjadi anggota DPR-RI 2014-2019.

Dalam jajak pendapat tersebut, setiap pemberi suara diberi kesempatan memilih sebanyak 4 nama sekali gus, yang menurutnya layak menjadi wakil Ono Niha di Senayan padda pemilu legislatif 2014. Hal ini didasarkan atas sebuah kajian sebelumnya, di mana diperkirakan Ono Niha bisa menempatkan wakilnya sebanyak-banyaknya 4 orang di DPR RI dan 1 di DPD pada pemilu 2014 (baca: Ono Niha Bisa Tempatkan 4 Wakil di DPR & 1 di DPD).

Jajak pendapat ini hanya melibatkan calon Ono Niha yang bertarung di daerah pemilihan Sumut, daerah di mana populasi masyarakat Nias cukup signifikan.

Masih ada 4 orang calon Ono Niha lain di luar Sumut, yakni: (1) Okewaty Lavau (Partai Hanura) di daerah pemilihan (Dapil) Jawa Barat (Jabar) III, (2) Elmansyah Telaumbanua (Partai Hanura) di Dapil Riau II, (3) Hermawi F Taslim (Partai Nasdem), dan (4) Marinus Gea (PDI-Perjuangan). Kedua nama terakhir terdaftar di wilayah Dapil Banten III. Ke empat nama ini tidak diikutkan dalam Jajak Pendapat tersebut.

Ke 4 nama unggulan hasil jajak pendapat NO adalah: Dermawati Harefa dari Partai Gerindra yang mengantongi 250 sura (39% suara pemilih), disusul berturut-turut oleh: Firman Jaya Daeli (PDI-P) yang mengantongi 175 suara (28%), Yasonna H. Laoli (PDP-P) dengan 133 suara (21%) dan Agustus Gea (Partai Demokrat) dengan 129 suara (20%).

Ke empat nama itu jauh mengunguli ke lima calon lain yang hanya mengumpulkan suara 10% atau lebih rendah.

Dua nama yang sudah sangat dikenal di tingkat nasional dan dalam masyarakat Nias sendiri termasuk dalam 4 unggulan itu: Firman Jaya Daeli dan Yasonna H. Laoli, keduanya politisi senior PDI-P. Yang cukup mengejutkan adalah melejitnya nama yang relatif baru, Dermawati Harefa yang dicalonkan oleh Partai Gerindra. Harefa unggul hampir 10% di atas unggulan kedua, Firman Jaya Daeli.

Apakah hasil jajak pendapat ini mencerminkan pendapat mayoritas Ono Niha akan terlihat pada pemilu sesungguhnya pada tanggal 9 April 2014. Hasil jajak pendapat selengkapnya dapat dilihat pada Hasil-Hasil Jajak Pendapat Nias Online. (brk*)

Facebook Comments