Ilustrasi | relativityonline.com

Ilustrasi | relativityonline.com

JAKARTA, NIASONLINE – Bila Anda orang yang percaya dengan takhayul terkait angka 13 dan hal-hal buruk terkait hari Jum’at, perhatikan kalender Anda. Hari ini, Jum’at dan tepat tanggal 13. Angka 13 saja sudah cukup menakutkan. Apalagi bila berkombinasi menjadi Jum’at tanggal 13.

Kalau Anda mengidap ketakutan seperti itu, maka Anda bukanlah satu-satunya yang merasakan hal yang sama. Di seluruh dunia, ketakutan yang sama, hingga saat ini masih kuat.

Bagi sebagian orang, lebih menakutkan lagi bila hal tanggal dan hari itu terjadi bersamaan, seperti pada hari ini.

Khusus pada 2012, terdapat tiga kali Jumat tanggal 13. Yakni, 13 Januari, 13 April, dan 13 Juli. Uniknya lagi, jeda waktu antara masing-masing tanggal itu persi 13 minggu. Hal itu terakhir terjadi pada 1984.

Ketakutan pada tanggal 13 sampai kini terus menguat, bahkan meski di tengah kemajuan teknologi seperti saat ini. Di kota besar, Anda tidak akan mudah menemukan penggunaan angka 13 sebagai nomor lantai gedung ataupun sebagai waktu untuk melakukan kegiatan penting.

Keyakinan akan sisi buruk angka 13 itu tidak hanya terjadi pada orang-orang biasa dengan keyakinan tradisional. Tapi juga merambah ke dunia bisnis, termasuk di pasar saham.

Ketakutan dengan angka 13 itu, makin diperkuat dengan hadirnya sebuah film serial berpuluh tahun lalu berjudul Friday the 13th, yang sampai saat ini masih begitu terkenal.

Lalu, dari mana sebenarnya kisah ketakutan pada angka 13 itu bermula? Sampai saat ini belum ada kejelasan darimana angka 13 itu diidentikkan sebagai hari atau terkait kesialan.

Seperti dilansir National Geographic, takhayul Jum’at 13 itu bermula pada sebuah kisah dalam keyakinan Kristiani, secara khusus pada Perjamuan Terakhir. Pada kisah itu, Yudas Iskariot, sang pengkhianat, dianggap sebagai tamu ke-13. Pengkhianatannnya itu berujung pada penyaliban Yesus, yang jatuh pada hari Jum’at.

Namun sebenarnya, menurut profesor antropologi di University of Buffalo di New York, Phillips Stevens, keyakinan bahwa angka 13 itu angka sial juga terdapat di dalam keyakinan non-Kristiani. “Ini meluas ke Euro-Amerika dan tertanam ke dalam budaya,” ujar dia.

Menurut dia, pengasosiasian hari Jum’at tanggal 13 dengan nasib buruk ada hubungannya dengan apa yang disebut sebagai prinsip-prinsip “pemikiran magis” yang bisa ditemukan di berbagai kebudayaan di seluruh dunia.

Sementara itu, ilmuwan asosiasi kebijakan di Mathematics and Science Education Resource Center at the University of Delaware, Newark Thomas Fernsler mengatakan, angka 13 “menderita” karena posisinya setelah angka 12.

Dia mengatakan, angka 12 merupakan angka sempurna. Sebab, biasa digunakan dalam satuan tertentu. Misalnya, 12 bulan, 12 zodiak, 12 dewa Olympus, 12 buruh Hercules, 12 suku Israel, dan 12 rasul Yesus.

Hari Jum’at juga dipercaya sebagai hari kejatuhan Adam dan Hawa, berupa pelanggaran terhadap perintah Tuhan dengan memakan buah terlarang.

Pengaruh keyakinan pada sisi sial Jum’at 13 itu, ternyata juga berdampak pada perekonomian. Menurut Donald Dossey, seorang sejarawan cerita rakyat dan pendiri Manajemen Stress Center dan Phobia Institute di Asheville, North Carolina, sekitar US$800 ribu hingga US$ 9 juta hilang dalam bisnis pada hari tersebut.

Sebab, orang-orang tidak akan bepergian atau melakukan bisnis seperti pada hari biasanya. Orang-orang lebih memilih berdiam dirumah sebagai antisipasi atas rasa takut dan cemas terhadap Jum’at 13 itu.

Tapi tunggu dulu. Jangan anggap hal biasa bila Anda memiliki rasa takut dengan angka 13 ataupun hari kombinasi Jum’at dan tanggal 13.

Sebab, bila angka atau tanggal itu membuat Anda panik, cemas dan takut, itu berarti Anda menderita apa yang disebut dengan paraskavedekatriaphobia atau friggatriskaidekaphobia. Keduanya merupakan istilah ilmiah bagi perasaan takut pada Jum’at tanggal 13. Juga bisa berarti Anda mengidap Triskaidekaphobia adalah sebuah bentuk ketakutakan akan tanggal 13.

Fakta Seputar Angka 13

Sekedar sebagai pengetahuan saja. Selain beberapa yang telah dijelaskan di atas, berikut ini beberapa fakta terkait tanggal 13 ataupun Jum’at berkombinasi dengan tanggal 13 seperti dikutip dari Live Science dan National Geographic.

1. Anda akan sulit menemukan penggunaan angka 13 pada urutan lantai di hotel dan rumah sakit. Beberapa bandara ada yang menghilangkan gerbang 13.

5. Tahun selanjutnya di mana aka nada tiga kali Jumat tanggal 13 adalah pada tahun 2015. Yakni, pada bulan Februari, Maret, dan November.

6. Pada 13 Oktober 1907, pasukan Raja Philip IV dari Perancis menyerbu ribuan rumah tentara Perang Salib dan dipenjarakan dengan tuduhan kegiatan ilegal. Lebih seratus orang disiksa dengan keji meski tuduhan atas mereka tidak terbukti.

7. Tokoh thriller Alfred Hitchcock lahir pada Jumat tanggal 13. Pada Jumat, 13 Agustus 1999, merayakan ulang tahunnya yang ke-100. Hitchcock juga memproduksi dan menjadi sutradara film berjudul “Number 13”. Film itu gagal melakukan adegan pertama dan berakhir karena masalah keuangan.

8. Mantan Presiden Kuba Fidel Castro juga lahir pada Jumat tanggal 13, pada 13 Agustus 1926.

8. Thomas Gilovich, Ketua Departemen Psikologi Cornell University mengatakan, tahayul mengenai Jumat tanggal 13 begitu lekat di pikiran kita karena otak kita terlalu baik untuk membuat suatu asosiasi.

9. Orang yang tidak percaya agama justru melihat angka 13 sebagai angka keberuntungan. Sebab sesuai dengan jumlah bulan purnama dalam setahun.

10. Mantan Presiden AS Franklin D. Roosevelt disebutkan pernah menghindari melakukan perjalanan pada tanggal 13 dalam bulan apa pun. Juga tidak mau menjadi tamu yang ke-13 dalam sebuah jamuan makan.

11. Napoleon Bonaparte dan mantan Presiden Herbert Hoover juga dikabarkan menderita triskaidekaphobic.

12. Penulis ternama AS, Mark Twain, pernah diperingatkan temannya untuk tidak pergi ke sebuah acara dimana dia menjadi tamu ke-13. Kembali dari sana, Mark Twain mengatakan kedatangannya ke acara itu sebagai nasib buruk karena ternyata menu yang disediakan hanya untuk 12 orang.

13. Broker saham dan penulis Thomas W. Lawson pada tahun 1907, dalam novelnya yang berjudul Friday the Thirteenth, mencatat para pialang saham untuk mengambil saham Wall Street pada hari tersial dalam bulan tertentu.

14. Ketakutan akan hari Jum’at tanggal 13 ternyata menjadi sumber bisnis menggiurkan, seperti diungkap Stress Management Center and Phobia Institute, Nasheville, AS. Aneka bisnis ditawarkan. Mulai dari terapi untuk membantu mengatasi ketakutan terhadap Jum’at yang menakutkan.

15. Sebagai tambahan, khusus di Indonesia, hari Jum’at biasanya menjadi momok bagi para koruptor, khususnya yang ditangani atau ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Karena tidak sedikit tersangka yang diputuskan ditahan usai pemeriksaan pada hari tersebut.

Tapi sebaiknya, Anda tidak perlu memercayai horor angka 13 itu. Setiap bulan, sepanjang tahun, selalu ada tanggal 13. Tidak mungkin menghilangkannya, sebagaimana tidak mungkin menghilangkan angka 13 dari sistem penomoran. Dan buktinya, kehidupan masih terus berlangsung seperti biasanya. Tuhan menciptakan semua hari sama baiknya. (EN)

Sumber: National Geographic Indonesia, Live Science

Facebook Comments