Ombak di Pantai Lagundri-Sorake | surfcamp-nias.com

Ombak di Pantai Lagundri-Sorake | surfcamp-nias.com

NIASONLINE, JAKARTA – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nias Selatan (Nisel) Faböwösa Laia menepati janjinya untuk secepatnya menemui para pemangku kepentingan di bidang kepariwisataan di wilayah Pantai Lagundri dan Sorake.

“Rencananya, besok kami akan bertemu dengan para pemangku kepentingan di Lagundri dan Sorake,” ujar Faböwösa kepada Nias Online, Rabu (28/8/2013).

Pertemuan itu akan melibatkan beberapa pelaku bisnis pariwisata maupun pemerhati kawasan itu. Dia mengatakan, sore ini undangan akan disampaikan kepada para pihak terkait tersebut.

Sebelumnya, sehari sebelum dilantik menjadi Kadis Budpar Nisel, Faböwösa mengungkapkan rencana untuk bertemu para pihak pemangku kepentingan di kawasan wisata yang terkenal di dunia itu.

Hal itu sebagai respons atas pemberitaan Nias Online sebelumnya dimana para pelaku pariwisata di kawasan itu merasa tidak diperhatikan oleh Pemda Nisel.

Sebelumnya, warga mengesankan Pemda Nisel membiarkan mati kawasan yang terkenal dengan ombak dan kegiatan surfingnya itu. Hal itu ditandai dengan tidak adanya perhatian untuk pengembangan dan promosi kawasan itu. Juga tidak ada lagi agenda kompetisi internasional seperti pernah digelar bertahun-tahun sebelumnya.

Bahkan, saat yang sama, Pemda Nisel juga dinilai tidak berbuat apa-apa terkati penambangan pasir yang kini membuat beberapa kawasan pantai tersebut mengalami kerusakan.

Menanggapi hal itu, Faböwösa membantah bahwa Pemda Nisel mematikan kawasan itu. dia pun berjanji segera menggelar pertemuan dengan pihak terkait di kawasan itu untuk mendapatkan solusi yang bisa dilakukan bersama untuk membangkit kembali potensi wisata yang kini sepi tersebut. (EN)

Facebook Comments