Surfing di Pantai Sorake | universalindonesia.com

Surfing di Pantai Sorake | universalindonesia.com

NIASONLINE, JAKARTA – Merespons usulan masyarakat dan pemerhati pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Nias Selatan (Nisel) akan melakukan serangkaian studi banding ke beberapa daerah yang dinilai sukses melakukan pengembangan kepariwisataan.

“Ke Simeulue, Mentawai dan juga Banyuwangi akan dipertimbangkan untuk belajar ke sana. Kita ingin belajar secara komprehensif dari pengalaman mereka,” ungkap Plt Kadis Budpar Nisel Faböwösa Laia kepada Nias Online di Jakarta, Kamis (22/8/2013).

Daera lain yang dipertimbangkan untuk tujuan belajar tersebut adalah Yogyakarta dan Bali.

Seperti diketahui, Mentawai dan Kabupaten Simeulue, Aceh adalah dua daerah terdekat dengan Pulau Nias yang sudah dan sedang menggelar kompetisi surfing internasional. Hal serupa juga dengan Kabupaten Banyuwangi yang menggelar acara serupa pada Mei 2013.
Sementara di Pantai Sorake/Lagundri yang sudah lama mendunia, selama beberapa tahun ini vakum, tanpa kegiatan kompetisi.

Sebelumnya, pemerhati wisata bahari yang juga peselancar Australia, Mark Flint mengusulkan agar dinas terkait di Pemda Nisel datang dan belajar langsung ke Simeulue atau Mentawai mengenai bagaimana cara menggelar lomba selancar internasional.

Dia yakin, bila itu dilakukan dan melakukan persiapan dari sekarang, maka dalam dua tahun mendatang kompetisi internasional sudah bisa dilakukan lagi di pantai yang telah membuat Pulau Nias terkenal di dunia tersebut. (EN)

Facebook Comments