Logo Lomba Esai KUR | Setkab.go.id

Logo Lomba Esai KUR | Setkab.go.id

NIASONLINE, JAKARTA – Anda punya pengalaman ataupun gagasan yang baik terkait Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang telah digulirkan pemerintah selama beberapa tahun terakhir? Apakah Anda masyarakat umum, pelaku usaha kecil maupun mahasiwa, ini kesempatan baik bagi Anda untuk menuangkannya.

Desk Info Sekretariat Kabinet Republik Indonesia menggelar lomba penulisan esai terkait hal itu dalam rangka memeringati HUT ke-68 Republik Indonesia.

Lomba tersebut, seperti dikutip dari situs setkab.go.id mengusung tema utama “Peran Kredit Usaha Rakyat dalam Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat.”

Peserta lomba tersebut dibagi dalam tiga kategori. Pertama, yakni kategori Pelaku Usaha atau Penerima Krediut Usaha Rakyat (KUR). Untuk kategori ini, panitia menetapkan subtemanya adalah Pengalaman (kisah sukses) Pemanfaatan Kredit Usaha Rakyat dalam Meningkatkan Kesejahteraan.

Pada kategori ini, peserta bisa memilih salah satu dari tiga alternatif yang disediakan, yakni Mampukah KUR Meningkatkan Usaha UKM?, Bagaimana Cara Bank Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan KUR? dan Apakah Manfaat KUR Bagi Usaha Rakyat?

Kedua, kategori umum dengan subtema Prospek dan Tantangan Kredit Usaha Rakyat sebagai Program Peningkatan Kesejahteraan Rakyat.

Para peserta pada kategori ini bisa memilih salah satu alternatif topik, yakni, Mengapa KUR Diperlukan Oleh UKM? dan Bagaimana Meningkatkan Akses Masyarakat Terhadap KUR?,

Ketiga, kategori mahasiswa dengan tiga subtema, yakni Strategi komunikasi yang efektif dalam rangka optimalisasi program Kredit Usaha Rakyat; Pemanfaatan media sosial untuk mengkomunikasikan program Kredit Usaha Rakyat; dan Gagasan baru dalam berwirausaha untukmeningkatkan kesejahteraanrakyat.

Sebagai panduan penulisan, peserta bisa memilih salah satu dari alternatif yang diberikan, yakni Apa yang Dapat Dilakukan Pemerintah Daerah Untuk Pengembangan KUR? dan Dapatkah Suku Bunga KUR Diturunkan?

Pengiriman tulisan paling lama pada 17 Agustus 2013, pukul 24.00 wib. Tulisan yang masuk akan diseleksi pada 19- 23 Agustus 2013 yang diikuti penjurian pada 26 – 30 Agustus 2013. Selanjutnya, pengumuman pemenang dengan total hadiah Rp 135 juta tersebut akan dilakukan pada 2 September 2013. Sedangkan penyerahan hadiah dilakukan pada 9 September 2013.

Untuk kategori umum, pesertanya adalah masyarakat umum dengan melampirkan
melampirkan scan/foto Kartu Tanda Penduduk. Untuk Kategori Pelaku Usaha atau Penerima KUR wajib melampirkan keterangan menerima KUR dan/atau rekening koran. Sedangkan untuk kategori mahasiwa, wajib melampirkan scan/foto Kartu Mahasiswa.

Para peserta juga diwajibkan mem-follow akun twitter @setkabgoid dan @BANKBRI_ID serta me-like fanpage facebook setkab_ri dan BRI.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan baca di sini.

Facebook Comments