Komjen Oegroseno | Pelitaonline.com

Komjen Oegroseno | Pelitaonline.com

NIASONLINE, JAKARTA – Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komisaris Jenderal (Komjen) Oegroseno ditunjuk menduduki posisi sebagai Wakil Kapolri menggantikan Komjen Nanan Soekarna. Nanan sendiri akan efektif pensiun mulai 1 Agustus 2013.

“Benar. Bila tidak ada perubahan, serah terima digelar 2 Agustus 2013),” ujar Oegroseno di Jakarta, Rabu (31/7/2013).

Keduanya dan juga Kapolri Timur Pradopo yang juga segera akan dipensiunkan oleh Presiden SBY bulan depan adalah teman-teman satu angkatan.

Baik Oegroseno maupun Nanan pernah digadang-gadang menjadi Kapolri. Namun, keduanya mentok pada jabatan Wakapolri.

Luluasan Akademi Kepolisian 1978 tersebut adalah anak dari almarhum Brigjen (Pur) Rustam. Pria kelahiran Pati, Jawa Tengah tersebut pernah menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Tengah selama 17 bulan. Saat itu, konflik masih terjadi di wilayah itu. Kemudian, juga pernah menjabat sebagai Kadiv Propam Mabes Polri.

Saat menjabat Kapolda Sumut, terjadi dua kejadian luarbiasa berupa perampokan Bank CIMB Niaga dan penyerangan Polsek Hamparan Perak yang belakangan diketahui dilakukan oleh kelompok teroris.

Dari Polda Sumut, Oegroseno ditarik ke Mabes Polri dan menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan Polisi (Kalemdikpol) selama setahun. Kemudian, dia rotasi menjadi Kabaharkam.

Yang menarik, baik Oegroseno maupun Nanan, sama-sama merupakan mantan Kapolda Sumatera Utara (Sumut). Ini menambah daftar mantan Kapolda Sumut yang menduduki jabatan Kapolri maupun Wakapolri.

Sebelumnya, alumni Polda Sumut lainnya yang menempati posisi puncak di Polri, di antaranya Jenderal Sutanto dan polisi yang karena integritasnya membuatnya melegenda, Hoegeng. (EN/*)

Facebook Comments