beasiswaNIASONLINE, JAKARTA – Dalam rangka memperbanyak lulusan perguruan tinggi bergelar Strata 2 (S-2), pemerintah akan menggelontorkan program beasiswa khusus.

Tapi, tunggu dulu. Program itu hanya berlaku untuk para peserta kuliah di empat fakultas saja. Yakni, Fakultas Tekni, Sains, MIPA dan Agrikultur Pertanian.

“Program gratis ini berlaku bagi mahasiswa yang menekuni Fakultas Teknik, Sains, MIPA, dan Agrikultur Pertanian, karena memang bidang-bidang itulah yang sangat dibutuhkan,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh di kampus ITB Jatinagor, pekan lalu seperti dikutip dari situs Setkab.go.id, Senin (28/7/2013).

Tak hanya itu, kata dia, beasiswa itu juga hanya berlaku bagi mahasiswa berprestasi saja alias tidak untuk semua mahasiswa.

Diharapkan para lulusan S-2 tersebut nanti bisa menjadi tenaga pengajar di perguruan tinggi negeri (PTN) yang rencananya akan diperbanyak pemerintah pada masa mendatang.

M. Nuh sendiri sebelumnya pernah menyatakan dorongan memperbanyak PTN di wilayah Jawa Barat. Salah satu pertimbangannya, total penduduk daerah itu paling banyak atau mencapai seperlima dari total penduduk Indonesia sekitar 45 juta.

Karena itu, menurut dia, untuk meningkatkan IPM masyarakat Jabar, salah satunya melalui penambahan PTN. (EN/*)

Facebook Comments