Pesawat ATR 72-600 | airliners.net

Pesawat ATR 72-600 | airliners.net

NIASONLINE, KUALANAMU – Maskapai nasional Garuda Indonesia menyatakan minatnya untuk melayani rute penerbangan ke Pulau Nias dari Bandara Kualanamu.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar kepada wartawan, termasuk Nias Online di Bandara Kualanamu, pada Kamis (25/7/2013) dini hari.

“Nanti kita akan menempatkan pesawat-pesawat turboprop di Kualanamu untuk melayani penerbangan di daerah-daerah di sini. Misalnya, Pinangsori dan Nias juga bisa sampai ke sana nanti,” jelas dia.

Garuda telah memesan sebanyak 38 unit pesawat turboprop jenis ATR 72-600 melalui skema sewa beli (operating lease). Pesawat-pesawat itu akan dterima bertahap mulai tahun ini hingga 2018.

Pesawat-pesawat itu akan menjadi feeder (pengumpan) bagi Garuda. Dengan cara seperti itu, para penumpang dari daerah yang hanya bisa didarati pesawat kecil, bisa meneruskan perjalanan dengan pesawat Garuda yang lebih besar dari Kualanamu menuju berbagai rute domestik dan internasional.

Pesawat buatan Prancis itu selama ini juga sudah dioperasikan oleh Lion Air Group melalui Wings Air untuk rute-rute jarak pendek dengan lama penerbangan rata-rata sekitar 1 jam.

Wings Air sendiri telah melayani rute ke Nias sejak 2010 melalui Bandara Polonia. Dan terus berlanjut sampai saat ini melalui Bandara Kualanamu.

Garuda Indonesia sendiri telah menetapkan Sumut, melalui Bandara Kualanamu sebagai hub utamanya di wilayah barat. (EN)

Facebook Comments