hari anak 2013NIASONLINE, JAKARTA – Memeringati Hari Anak Nasional yang jatuh pada hari ini, Selasa, 23 Juli 2013, Presiden SBY memberi kesempatan kepada 12 anak untuk mengikuti kegiatan presiden selama 24 jam.

Acara tersebut dikemas dalam kegiatan bernama “24 Jam Bersama Presiden”. Acara tersebut, disebut sebagai kado istimewa Presiden SBY bagi anak-anak Indonesia.

“Agar anak-anak tahu Presiden itu apa yang dikerjakan, apa yang dilakukan, kegiatan sehari-harinya agar terinspirasi termotivasi dan memiliki semagnat untuk jadi pemimpin di negeri ini termasuk presiden,” ujar Presiden SBY pada peringatan Hari Anak Nasional 2013 di Gedung SME Tower, Jakarta, Selasa (23/7/2013).

Sebanyak 12 anak akan diseleksi oleh Presiden SBY untuk menjadi peserta kegiatan tersebut. Mereka terdiri atas 2 anak laki-laki SD, 2 anak perempuan SD, 2 anak laki-laki SMP, 2 anak perempuan SMP, dan 2 anak laki-laki SMA, 2 anak perempuan SMA.

Anak-anak di seluruh Indonesia yang berminat mengikuti kegiatan tersebut, bisa langsung mendaftarkan diri melalui akun Facebook Fan Page Susilo Bambang Yudhoyono. Di fan page tersebut, tata cara dan seleksi akan diumumkan oleh Menteri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar dan Mendikbud Mohammad Nuh.

Dalam sambutannya, Presiden juga mengingatkan anak-anak Indonesia menghormati dan taat kepada orangtua dan guru, serta untuk teruslah berprestasi, berkreasi dan berinovasi agar menjadi manusia unggul di masa depan.

Dia juga mengingatkan agar anak-anak, terutama praremaja dan remaja agar terhindar dari narkoba. Sebaliknya, menggunakan teknologi informasi yang ada saat ini nutuk belajar lebih baik untuk mendukung kegiatan belajar di sekolah.

Para orangtua juga diingatkan pada kewajiban memenuhi hak-hak anak dengan merawat dan mengasuh dengan penuh kasih sayang dan tanggungjawab. Terutam pada usia emas dari lahir hingga 8 tahun.

Sementara kepada para penegak hukum, Presiden SBY meminta agar bersinergi mencegah dan melindungi anak-anak dari tindak kejahatan penculikan, eksploitasi, adopsi illegal, kejahatan narkoba serta tindakan menyimpang lainnya.

Logo Google | IST

Logo Google | IST

Dimeriahkan Google

Peringatan Hari Anak Nasional 2013 kali ini turut dimeriahkan oleh Google. Dalam logonya hari hari ini, mesin pencari terbesar saat ini tersebut memasang gambar anak-anak. Yakni, seorang anak perempuan dan laki-laki.

Dalam dekorasi logo yang biasa disebut dengan Doodle yang dipasang mulai tengah malam dini hari.

Kedua huruf “o” pada logo kata Google diganti dengan gambar dua orang anak sekolah berpakaian pramuka dan seragam merah putih sedang bergandengan tangan.

Google sendiri hampir akhir-akhir ini selalu melakukan modifikasi dekoratif pada logonya untuk tujuan memperingati atau menghormati sesuatu. Baik kegiatan maupun pribadi-pribadi tertentu.

Hari Anak Nasional yang diperingati setiap 23 Juli 2013, berbeda dengan Hari Anak Internasional yang diperingati pada setiap 1 Juni dan Hari Anak Universal yang diperingati setiap 20 November.

Hari Anak Nasional sendiri dikukuhkan pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 pada tanggal 19 Juli 1984. (EN/*)

Facebook Comments