Bandara Polonia | pemkomedan.go.id

Bandara Polonia | pemkomedan.go.id

NIASONLINE, MEDAN – Bagi Anda yang hendak menuju Sumatera Utara (Sumut) ataupun sebaliknya, harap perhatikan informasi penting ini.

Pada 24 Juli 2013 adalah hari terakhir beroperasinya pelayanan penerbangan komersil di Bandara Polonia, bandara utama di wilayah itu.

Pasalnya, per 25 Juli 2013, pemerintah akan meresmikan beroperasinya bandara penggantinya, yakni Bandara Internasional Kuala Namu (Kuala Namu International Airport/KNIA) di Kabupaten Deli Serdang. Rencananya, peresmian akan dilakukan oleh Presiden SBY.

“Per 25 Juli, penerbangan komersil di Bandara Polonia akan ditutup dan semua maskapai sudah diperintahkan untuk terbang melalui Kuala Namu,” jelas Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubud Kemenhub) Herry Bakti Singayudha Gumay di Bandara Kuala Namu, dikutip Kamis (11/7/2013).

Dia menjelaskan, Bandara Polonia hanya melayani penerbangan komersil hingga pukul 00.00 Wib pada 24 Juli 2013. Selanjutnya, setelah itu, semua harus mendarat dan terbang dari Bandara Kuala Namu.

Untuk pendaratan pertama di bandara yang dirancang untuk bersaing dengan Kuala Lumpur International Aiport dan Changi Airport (Singapura) tersebut, kata dia, akan dilakukan oleh pesawat Garuda Indonesia. Pasalnya, salah satu penerbangannya dijadwalkan mendarat pada pukul 00.30 wib (25/7/2013).

Bandara Kuala Namu terletak di Kecamatan Beringin atau berjarak sekitar 22 kilometer dari Kota Medan.

Untuk kemudahan akses ke bandara itu, sejumlah fasilitas pendukung sudah disiapkan. Yakni, angkutan kereta api khusus langsung ke kawasan bandara, dan beberapa jalur angkutan umum dengan rute khusus dari dan ke bandara. Juga sedang disiapkan pembangunan jalan tol langsung menuju bandara tersebut.

Selanjutnya, Bandara Polonia yang dibangun pada 1928 tersebut akan diserahkan dan difungsikan sepenuhnya kembali oleh TNI Angkatan Udara. (EN)

Facebook Comments