Peta Kepulauan Nias | niasjaya.wordpress.com

Peta Kepulauan Nias | niasjaya.wordpress.com

NIASONLINE, JAKARTA – Para kepala daerah se-Kepulauan Nias akhirnya menyepakati penetapan calon ibukota Provinsi Kepulauan Nias pada rapat bersama yang digelar di Kantor Bupati Nias Selatan (Nisel) pada Sabtu (26 Juni 2013).

“Benar, hasil rapat Forum Kepala Daerah menyepakati ibukota Provinisi Kepulauan Nias di Kota Gunungsitoli,” ujar Wakil Ketua DPRD Nisel Sozanolo Ndruru kepada Nias Online, Rabu (10/7/2013).

Dia mengatakan, DPRD Nisel juga sudah menerima Surat Keputusan Forum Kepala Daerah tentang kesepakatan tersebut.

Rapat tersebut dihadiri oleh Bupati Nisel Idealisman Dachi, Bupati Nias Sökhiatulo Laoli, Wakil Bupati Nias Utara Fangatö Lase, Bupati Nias Barat Adrianus Aroziduhu Gulö
dan Walikota Gunungsitoli Martinus Lase.

Juga dihadiri Ketua atau Wakil Ketua dan Anggota DPRD dari kelima daerah. Juga hadir para sekretaris daerah dan tim Badan Persiapan Pembentukan Provinisi Kepulauan Nias, baik di tingkat Sumut maupun pusat, Jakarta.

Kesepakatan para kepala daerah itu memuluskan jalan bagi pengajuan pembentukan Provinsi Kepulauan Nias yang telah diajukan ke DPR RI. Pasalnya, seperti sebelumnya diungkapkan anggota Komisi II DPR RI Yasonna Laoly yang juga berasal dari daerah pemilihan Kepulauan Nias, pembahasan pengajuan itu terkendala belum terpenuhinya syarat adminstrasi. Di antaranya, belum adanya penetapan calon ibukota.

Selain belum adanya penetapan calon ibukota, pembahasan di DPR RI, kata Yasonna, juga terkendala belum adanya rekomendasi Gubernur Sumut.

Penetapan calon ibukota itu memang cukup alot. Selama ini, dari lima daerah, mengurucut pada dua kandidat, yakni Kota Gunungsitoli dan Kabupaten Nisel.

Bupati Nisel Idealisman Dachi, dalam beberapa kesempatan juga sering mengungkapkan upaya untuk menggolkan Nisel jadi ibukota provinsi yang akan dimekarkan dari Provinsi Sumut tersebut. (EN)

Facebook Comments