Calon Ibukota Provinsi Kepulauan Nias Disepakati di Kota Gunungsitoli

Wednesday, July 10, 2013
By susuwongi

Peta Kepulauan Nias | niasjaya.wordpress.com

Peta Kepulauan Nias | niasjaya.wordpress.com

NIASONLINE, JAKARTA – Para kepala daerah se-Kepulauan Nias akhirnya menyepakati penetapan calon ibukota Provinsi Kepulauan Nias pada rapat bersama yang digelar di Kantor Bupati Nias Selatan (Nisel) pada Sabtu (26 Juni 2013).

“Benar, hasil rapat Forum Kepala Daerah menyepakati ibukota Provinisi Kepulauan Nias di Kota Gunungsitoli,” ujar Wakil Ketua DPRD Nisel Sozanolo Ndruru kepada Nias Online, Rabu (10/7/2013).

Dia mengatakan, DPRD Nisel juga sudah menerima Surat Keputusan Forum Kepala Daerah tentang kesepakatan tersebut.

Rapat tersebut dihadiri oleh Bupati Nisel Idealisman Dachi, Bupati Nias Sökhiatulo Laoli, Wakil Bupati Nias Utara Fangatö Lase, Bupati Nias Barat Adrianus Aroziduhu Gulö
dan Walikota Gunungsitoli Martinus Lase.

Juga dihadiri Ketua atau Wakil Ketua dan Anggota DPRD dari kelima daerah. Juga hadir para sekretaris daerah dan tim Badan Persiapan Pembentukan Provinisi Kepulauan Nias, baik di tingkat Sumut maupun pusat, Jakarta.

Kesepakatan para kepala daerah itu memuluskan jalan bagi pengajuan pembentukan Provinsi Kepulauan Nias yang telah diajukan ke DPR RI. Pasalnya, seperti sebelumnya diungkapkan anggota Komisi II DPR RI Yasonna Laoly yang juga berasal dari daerah pemilihan Kepulauan Nias, pembahasan pengajuan itu terkendala belum terpenuhinya syarat adminstrasi. Di antaranya, belum adanya penetapan calon ibukota.

Selain belum adanya penetapan calon ibukota, pembahasan di DPR RI, kata Yasonna, juga terkendala belum adanya rekomendasi Gubernur Sumut.

Penetapan calon ibukota itu memang cukup alot. Selama ini, dari lima daerah, mengurucut pada dua kandidat, yakni Kota Gunungsitoli dan Kabupaten Nisel.

Bupati Nisel Idealisman Dachi, dalam beberapa kesempatan juga sering mengungkapkan upaya untuk menggolkan Nisel jadi ibukota provinsi yang akan dimekarkan dari Provinsi Sumut tersebut. (EN)

Tags: , ,

10 Responses to “Calon Ibukota Provinsi Kepulauan Nias Disepakati di Kota Gunungsitoli”

  1. 1
    Irsan Maruhawa Says:

    pendapat saya tentang pemekaran menjadi “Provinsi NIAS”, apa sudah dikaji dari berbagai aspek karena nanti jangan-jangan setelah terpsah dari propsu tidak dapat membiayai anggaran daerah, sebab harus kita tahu apa sumber APBD yang handal untuk menutupi bayia anggaran rutin. semoga kita tidak hanya mengejar posisi saja

  2. 2
    Azhar Cani Says:

    smangat teruuus pantang mundur, mimpi boleh jadi kenyataan kita syukuri dengan kinerja bagi kesejahteraan rakyat dan bila tidak juga kita tetap syukuri apa yang telah diperoleh dengan tetap mengawal agar para penguasa tetap memperjuangkan kesejahteraan rakyat.

  3. 3
    M Nata Zeboea Says:

    Semoga terealisasi dan diberkati oleh Tuhan YME apa yg kita cita2kan dan kita perjuangkan bersama yaitu Niasku menjadi salah satu Provinsi di Indonesia. Amin

  4. 4
    Herman Grat'svyNedlachboyz Julius Harefa Says:

    maju trus

  5. 5
    Trisz Harefa Says:

    semoga mimpi ini cepat terwujud.

  6. 6
    Marthyn Laia Says:

    Smoga Kota Gunungsitoli Slalu di berkati Tuhan, dan juga semua pemimpin”Nya dikota Gunungsitoli Slalu ada kebersamaan dalam berpendapat demi kesatuan Pulau Nias,,???

  7. 7
    Gea Junior Gea Says:

    Solidaritas dalam cita-cita memekarkan Nias menjadi Provinsi adalah itikad baik untuk kemajuan Nias. Namun, perlu dicermati bahwa upaya pemekaran Nias menjadi provinsi haruslah dibarengi dengan kesiapan diri untuk menyandang status sebagai provinsi. Harus dipikirkan Sumber Pendapatan Daerah, ekonomi yang merata sehingga market dapat berjalan, dan yang terpenting segala upaya yang dijalankan bukan sekadar menciptakan koloni-koloni baru untuk terciptanya jabatan jabatan yang dimonopoli di mana praktek korupsi makin tumbuh subur. Hal ini tentunya akan menciderai cita-cita bersama dan merugikan masyarakat Nias sendiri. Semoga Nias makin Maju dan Sejahtera.

  8. 8
    Agusman Giawa Says:

    kita doakan supaya nias semakin maju

  9. 9
    Trianus Terry Zewbung Zebua Says:

    Yaahowu fefu Banuada,
    Harapan kita semoga pulau. Nias menjadi Pulau tersejahtera d masa yang kn datang.
    P.Nias adalah Pulau ku yang tercinta…!!!! Syalommm!

  10. 10
    Monir Jivon Says:

    Semangat Nias ku …jangan pernah menyerah ….

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

July 2013
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031