Ilustrasi | IST

Ilustrasi | IST

NIASONLINE, JAKARTA – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 di 62 PTN memasuki tahap terakhir, yakni pengumuman hasil seleksi.

Kemarin, Senin (8/7/2013) sore, Ketua Umum Panitia SBMPTN Akhmaloka mengumumkan hasilnya. Pengumuman itu lebih cepat dari jadwal semula yang harusnya pada 12 Juli 2013. Percepatan dilakukan karena penilaian telah selesai.

Hasilnya, hanya 109.853 peserta saja yang dinyatakan lulus dan berhak mengenyam pendidikan di perguruan tinggi milik pemerintah. Jumlah itu hanya sekitar seperlima dari total 585.789 peserta ujian tulis.

Adapun para pendaftar terdistribusi pada tiga kategori. Yakni, bidang sains teknologi sebanyak 220.769 orang, bidang sosial humaniora 232.613 orang, dan campuran saintek dan soshum 132.407 orang. Sedangkan yang dinyatakan lulus, pada kategori saintek sebanyak 50.559 orang dan kategori sosial humaniora sebanyak 59.294 orang.

Dari total pendaftar, sebanyak 55.975 orang melalui jalur beasiswa Bidik Misi dan dan 529.814 non-Bidik Misi. Sedangkan yang diterima, sebanyak 13.470 melalui Bidik Misi dan non-Bidik Misi 96.383 orang.

Akhmaloka menjelaskan, peserta yang meraih nilai ujian tertinggi untuk kelompok ujian sain teknologi diterima di Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Bandung, sedangkan untuk kelompok ujian sosial humaniora diterima pada Program Studi Akuntansi Universitas Indonesia.

sepuluh PTN penerima beasiswa Bidik Misi terbanyak adalah Universtas Negeri Semarang, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Trunojoyo, Universitas Brawijaya, Universitas Jember, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Malang, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Andalas, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Adapun sepuluh PTN dengan nilai rataan peserta saintek tertinggi yang diterima, yakni Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, Universitas Airlangga, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Islam Negeri Jakarta.

Hasil seleksi sepuluh PTN dengan nilai rataan peserta sosial humaniora tertinggi yang diterima adalah Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, Universitas Jenderal Sudirman, Universitas Sriwijaya, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Sementara, hasil seleksi sepuluh provinsi dengan nilai rataan peserta saintek tertinggi yang diterima berturut-turut DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Lampung, Riau, Sumatera Barat, dan Bangka Belitung.

Adapun hasil seleksi sepuluh provinsi dengan nilai rataan peserta sosial humaniora tertinggi yang diterima berturut-turut DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Barat, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.

Cek Kelulusan

Nah, Anda mau mengecek kelulusan Anda atau saudara Anda?

Akhmaloka yang juga Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) itu mengatakan, para peserta bisa mengetahui kelulusan mereka melalui akses khusus yang disediakan melalui internet.

Hasil tes bisa dilihat melalui pengumuman.sbmptn.or.id. kemudian, juga bisa diakses di sbmptn.ui.ac.id, sbmptn.itb.ac.id, sbmptn.undip.ac.id, dan sbmptn.its.ac.id.

Selain pengumuman secara online tersebut, hari ini, Selasa (9/7/2013) juga aka nada pengumuman melalui surat kabar nasional. (EN/*)

Facebook Comments