Kampus IPDN Jatinangor | ipdn.ac.id

Kampus IPDN Jatinangor | ipdn.ac.id

NIASONLINE, JAKARTA – Bagi Anda yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), jangan sia-siakan kesempatan ini.

Mulai hari ini, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara resmi membuka penerimaan calon praja baru di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Sebanyak 2.000 calon praja baru akan direkrut pada tahun ajaran 2013/2014 ini. Pendaftaran dibuka mulai hari ini, 1-13 Juli 2013.

Merujuk pada Surat Menteri PAN dan RB Nomor: B/1975/M.PANRB/ 6/2013, tanggal 5 Juni 2013, pendaftaran dilakukan di Badan Kepegawaian Daerah di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia.

Seperti dijelaskan Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Restuardy Daud, sejumlah tahapan seleksi akan diikuti dengan menerapkan sistem gugur. Meliputi seleksi administrasi, tes kompetensi dasar, tes kesehatan, sampai dengan wawancara penentuan akhir (Pantuhir).

Pantuhir sendiri akan dilakukan oleh para pejabat eselon I Kemendagri, Kepala Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat, pimpinan IPDN, Dosen IPDN terpilih, dan para pejabat eselon II terkait.

Berbeda dengan perektrutan tahun-tahun sebelumnya, kali ini Kemendagri melalui Setjen Kemendagri menggandeng Komis Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam mengawasi proses seleksi.

Tidak sekedar mengawasi, dengan pelibatan KPK, perekrutan para calon praja baru tersebut menjadi role model untuk penerimaah mahasiswa sekolah kedinasan yang dimiliki oleh kementerian dan lembaga pemerintahan lainnya. Termasuk pada penerimaan taruna Akademi Kepolisian (Akpol) dan bagi Tes CPNS di Kejaksaan dan Calon Hakim. (EN)

Facebook Comments