KRuddJGillardNIASONLINE, Canberra – Australia memiliki Perdana Baru, Kevin Rudd, setelah Partai Buruh yang memerintah memilihnya kembali dalam sebuah pemungutan suara malam ini (26/6). Ia menggantikan Julia Gillard yang menggulingkannya dalam suatu pemungutan suara tiga tahun lalu.Dalam pemungutan suara malam ini, Rudd mendapat 57 suara sementara Gillard mendapat 45 suara.

Beberapa bulan terakhir popularitas pemerintah Partai Buruh di bawah Perdana Menteri Julia Gillard menurun tajam. Beberapa jajak pendapat minggu-minggu terakhir memprediksi Partai Buruh akan kalah telak dalam pemilu mendatang. Dengan pergantian kepemimpinan ini, pemilu yag ditetapkan oleh Gillard berlangsung 14 September 2013 bisa saja berubah tergantung pada Perdana Menteri terpilih.

Kevin Rudd naik ke panggung kepemimpinan Partai Buruh dan menjadi Perdana Menteri Australia pada tanggal 3 Desember 2007 setelah Partai Buruh menang pada pemilu yang berlangsung 24 November 2010. Ia mengalahkan John Howard dari partai Liberal yang menjadi Perdana Menteri Australia selama 11 tahun lebih.

Setelah popoularitasnya menurun, Partai Buruh melengserkan Kevin Rudd melalui suatu pemungutan suara dan memilih Julia Gillard sebagai penggantinya. Pemilu yang berlangsung tahun 2010 menghasilkan parlemen yang mengambang, namun Partai Buruh berhasil membentuk pemerintahan minoritas lewat dukungan Partai Hijau dan tiga orang anggota parlemen independen. (brk/*)

 

 

 

 

Facebook Comments