Ilustrasi | absolutearchies.blogspot.com

Ilustrasi | absolutearchies.blogspot.com

NIASONLINE, JAKARTA – Anda pasti sangat akrab dan sering menggunakan lagu “Happy Birthday to You”. Bukan hanya Anda, tapi berjuta orang di dunia menyukai dan menjadikan lagu itu sebagai lagu ‘wajib’ pada acara ulang tahun.

Tapi apakah Anda tahu apa yang baru saja terjadi dengan lagu itu? Baru-baru ini seorang produser film menggugat status lagu tesrebut agar ditetapkan sebagai “milik umum.”

Gugatan diajukan di pengadilan federal di Southern District, New York, Amerika Serikat. Produser film itu, Jennifer Nelson menggugat hak cipta lagu itu karena hendak menggunakannya dalam film dokumenter baru berjudul “Happy Birthday.”

Gugatan itu bermula karena Nelson tidak terima dengan kewajiban membayar US$ 1.500 kepada perusahaan penerbitan Warner/Chapell, dari Warner Music Group sebagai pemilik hak cipta lagu tersebut.

Bila gugatan itu dikabulkan, maka lagu itu akan sepenuhnya menjadi “milik umum” tanpa perlindungan hak cipta. Sebagai konsekuensinya, siapa pun yang menggunakannya, tidak bisa dikenai Undang-Undang Hak Cipta.

Nelson beralasan, lagu “Happy Birthday to You” adalah “adaptasi publik” dari lagu asli. Karena itu, lagu tersebut adalah “milik umum.” Sejarah lengkap lagu itu bisa dilihat di sini.

Tidak hanya menggugat status hak cipta lagu itu, melalui pengacaranya, Nelson juga menuntut Warner /Chapell mengembalikan semua pembayaran hak cipta dari lagu itu selama empat tahun terakhir. Jumlahnya diperkirakan mencapai US$ 2 juta. Jurubicara Warner/Chapell menolak berkomentar atas gugatan tersebut.

Naskah Lagu "Good Morning to All" | wikipedia.org

Naskah Lagu “Good Morning to All” | wikipedia.org

Seperti dilansir VOAIndonesia.com, lagu legendaris itu diciptakan oleh Patty dan Mildred Hill lebih 100 tahun yang lalu. Pada awalnya, lagu itu berjudul “Good Morning to All.” Seiring perjalanan waktu, kemudian menemukan versi yang sekarang dikenal dengan “Happy Birthday to You.”

Lagu itu juga telah didaftarkan di Guinness Book of Records sebagai lagu paling dikenal dalam bahasa Inggris dan telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa.

Nah, bagaimana pendapat Anda? Setuju lagu itu jadi “milik umum”? (EN)

Facebook Comments