Pemilu 2014 dan Logo KPU | Sultrawatch.com

Pemilu 2014 dan Logo KPU | Sultrawatch.com

NIASONLINE, JAKARTA – Putra-Putri Nias yang bakal bertarung pada pemilihan umum (Pemilu) 2014 secara keseluruhan mencapai 13 orang. Namun, tidak semuanya bertarung di wilayah Sumatera Utara (Sumut), khususnya daerah pemilihan yang mencakup wilayah Kepulauan Nias.

Merujuk pada data Daftar Calon Sementara (DCS) yang dilansir Komisi Pemlihan Umum (KPU) Pusat pada Kamis (13/6/2013), empat putra-putri Nias akan berlaga menuju DPR RI dari tiga provinsi di luar Sumut.

Mereka adalah Okewaty Lavau (Partai Hanura) di daerah pemilihan (Dapil) Jawa Barat (Jabar) III dan Elmansyah Telaumbanua (Partai Hanura) di Dapil Riau II. Sedangkan dua lainnya, sama-sama berlaga di wilayah Dapil Banten III, yakni Hermawi F Taslim (Partai Nasdem) dan Marinus Gea (PDI-Perjuangan).

Sedangkan sembilan bakal calon DPR RI lainnya berlaga di Dapil Sumut I dan II. Di Dapil Sumut II sebanyak delapan orang. Yakni, Yosafati Waruwu (Partai Nasdem), Yasonna Hamonangan Laoly (PDI-P), Talihadat Bazatogu Hia (Golkar), Dermawati Harefa (Gerinda), Suasana Dachi (Gerinda), Agustus Gea (Partai Demokrat), dan Esther GN Telaumbanua (Hanura), dan Barnabas Yusuf Hura (PAN). Sedangkan di dapil Sumut I, Firman Jaya Daely (PDIP) berlaga sendirian.

Meski begitu, harus dicatat, semuanya masih berstatus calon sementara hingga adanya keputusan penetapan oleh KPU pada 25 Agustus 2013.

Selama dua minggu ke depan, masyarakat diberi kesempatan memberikan koreksi ataupun laporan bila ditemukan ada masalah terkait pencalonan mereka. Selanjutnya, KPU akan melakukan verifikasi melalui partai asalnya.

Bila laporan masyarakat tersebut terbukti benar, maka yang bersangkutan bisa dicoret dari daftar dan digantikan oleh bakal calon lainnya. (EN)

Facebook Comments