Ilustrasi | Iberita.com

Ilustrasi | Iberita.com

NIASOLINE, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat melansir secara resmi daftar calon sementara (DCS) bakal calon anggota DPR RI yang akan berlaga pada Pemilu 2014, Kamis (13/6/2013).

Dalam daftar yang ditampilkan di situs resmi www.kpu.go.id tersebut, sebanyak delapan putra-putri Nias dinyatakan lolos untuk berlaga di wilayah Sumatera Utara (Sumut).

Kedelapan bakal calon DPR RI dari Pulau Nias tersebut tersebar di enam partai. Mereka tersebar di Daerah Pemilihan (Dapil) Sumut II sebanyak tujuh orang. Satu orang lainnya berlaga di Dapil Sumut I.

Delapan orang yang berlaga di Dapil Sumut II adalah Yosafati Waruwu (Partai Nasdem), Yasonna Hamonangan Laoly (PDI-P), Talihadat Bazatogu Hia (Golkar), Dermawati Harefa (Gerinda), Suasana Dachi (Gerinda), Agustus Gea (Partai Demokrat), dan Esther GN Telaumbanua (Hanura), dan Barnabas Yusuf Hura (PAN).

Mereka harus bersaing memerebutkan 10 kursi di 19 Kabupaten/Kota di Dapil Sumut II. Terdiri dari: Nias, Nias Selatan, Nias Utara, Nias Barat, Kota Gunungsitoli, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan, Kota Padangsidimpuan, Mandailing Natal, Kota Sibolga, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Humbang Hasundutan, Toba Samosir, Samosir, Padang Lawas Utara dan Padang Lawas.

Sedangkan Firman Jaya Daely (PDIP) berlaga di Dapil Sumut I yang terdiri dari Kota Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai dan Kota Tebing Tinggi.

Masih Bisa Dicoret

Karena masih daftar sementara, maka nama mereka masih bisa saja dicoret. KPU pun memberikan kesempatan selama 14 hari kepada masyarakat untuk memberikan masukan terkait caleg yang maju dari daerah pemilihannya tersebut.

Masyarakat yang memberikan masukan, wajib melengkapi identitas diri dan fotokopi KTP. Selanjutnya, bila syarat itu lengkap, laporan terkait caleg tersebut akan diproses KPU.

Laporan masyarakat akan diverifikasi oleh KPU kepada partai pengusungnya. Jika laporan
masyarakat itu benar, maka nama caleg tersebut akan dicoret dari daftar dan partainya mengajukan penggantinya.

Setelah batas waktu itu terlewati dan KPU melakukan verifikasi final, maka pada 25 Agustus 2013, para caleg tersebut akan ditetapkan ke dalam DCT. (EN)

Catatan Redaksi:

Sebelumnya, redaksi mencatat hanya 8 bakal calon legislatif asal Nias yang bertarung di Sumut. Tidak termasuk nama Barnabas Yusuf Hura dari Partai PAN. Dengan menuliskannya pada judul dan badan berita, maka ketidaktepatan penulisan sebelumnya sudah diperbaiki.

Facebook Comments