Atraksi Lompat Batu di Desa Bawomataluo (Foto: Etis Nehe)

Atraksi Lompat Batu di Desa Bawomataluo (Foto: Etis Nehe)

NIASONLINE, BAWÖMATALUO – Meski disertai dengan pro dan kontra terkait persiapannya, acara Bawömataluo Expo 2013 akhirnya tetap dilangsungkan dan dibuka resmi pada hari ini.

Acara yang dijadwalkan berlangsung hingga 16 Juni 2013 tersebut dibuka pada pukul 14.30 wib.

Namun, tidak seperti yang diharapkan, seperti pada dua tahun lalu, Bupati Nias Selatan (Nisel) Idealisman Dachi kembali tidak datang untuk meresmikan acara itu. Informasinya, dia sedang sedang berada di luar Nisel.

Demikian juga dengan Wakil Bupati Hukuasa Ndruru. Peresmian justru dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Asa’aro La’ia didampingi beberapa kepala dinas dan juga unsur muspida lainnya.

Acara pembukaan tersebut diramaikan oleh pengunjung dari berbagai wilayah dari luas Nias Selatan termasuk turis mancanegara. Acara diawali dengan acara penyambutan, tari perang, atraksi Lompat Batu dan Maena.

Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan stand-stand yang telah tersedia. Di antaranya, stand barang elektronik, produk kerajinan dan juga makanan. Selanjutnya, malam ini diisi dengan acara kesenian di beberapa panggung yang tersedia.

Bawömataluo Expo ini merupakan kelanjutan dari kegiatan serupa pada Mei 2011 dengan nama Pagelaran Budaya Bawömataluo 2011.

Acara tersebut berlangsung selama tiga hari dan mampu mendatangkan sekitar 30 ribuan pengunjung dengan total sirkulasi uang lebih dari Rp 500 juta.

Tari Maena Pada Pembukaan Bawomataluo Expo 2013 | PSZ

Tari Maena Pada Pembukaan Bawomataluo Expo 2013 | PSZ

Namun, berbeda dengan acara pada dua tahun lalu, kali ini disertai dengan pro dan kontra antar warga desa. Sebagian warga keberatan dengan pelaksanaan acara itu karena dianggap sebagai kegiatan sepihak karena tidak melalui persetujuan musyawarah desa atau Orahua.

Namun, berdasarkan pantauan Nias Online, hingga berakhir, acara pembukaan pada hari ini berjalan lancar tanpa hambatan. (PSZ/EN)

Facebook Comments