Irigasi | blog.ub.ac.id

Irigasi | blog.ub.ac.id

NIASONLINE, NIAS SELATAN – Setelah bertahun-tahun menunggu, para petani Desa Bawömataluo, Desa Orahili dan Desa Hilimaniamölö akan bisa menikmati kembali pengairan di sawah mereka di Laza Fawölö.

Pasalnya, irigasi utama yang mengairi salah satu penghasil padi terbesar di wilayah Nisel tersebut telah mengalami kerusakan sejak gempa Nias pada 2005 lalu. Sejak itu, sempat beberapa kali diperbaiki, namun tidak signifikan sehingga kembali mengalami kerusakan. Akibatnya, banyak petani putus asa dan memilih tidak mengerjakan sawahnya. Bagi yang tetap mengerjakan sawahnya dengan mengadalkan air hujan, tidak bisa menghasilkan maksimal.

Awal bulan ini, merespons proposal yang diajukan warga Desa Bawömataluo, Pemkab Nisel memasukkan proyek irigasi itu dalam salah satu proyek yang lelangnya diumumkan pada awal bulan ini. Proyek itu salah satu dari 10 proyek yang ditawarkan.

Berdasarkan informasi yang dikutip Nias Online dari data Layanan Pengadaan Secara ELektonik (LPSE), lelang pembangunan irigasi dengan kode lelang 33567 tersebut diumumkan pada 1 Juni 2013 dengan harga acuan dan harga perkiraan sementara (HPS) sebesar Rp 460.500.000.

Proyek dengan nama lelang ‘Pembangunan DI Laza Fawölö Desa Bawömataluo Kec. Fanayama’ tersebut berada di bawah satuan kerja Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dengan kategori pekerjaan konstruksi. Adapun metode lelangnya adalah e-lelang pengadaan langsung dengan sumber pendanaan dari APBD 2013.

Berdasarkan jadwalnya, kegiatan lelang tersebut akan diikuti dengan pemberian penjelasan pada 4 Juni 2013. Selanjutnya, diikuti dengan pengajuan dokumen penawaran pada 5-10 Juni 2013. Selanjutnya evaluasi penawaran pada 12-19 Juni dan dilanjutkan dengan pembukaan dokumen penawaran pada 10-12 Juni serta evaluasi dokumen kualifikasi dan pembuktian kualifikasi pada 13-19 Juni.

Penetapan dan pengumuman pemenang akan digelar pada 20-12 Juni. sedangkan penandatanganan kontrak akan dilangsungkan pada 26 Juni-10 Juli 2013.

Selain proyek irigasi Laza Fawölö tersebut, terdapat sembilan proyek lainnya yang juga ditawarkan bersamaan oleh Pemkab Nisel. Daftar lengkap proyek tersebut adalah sebagai berikut:

10 Proyek yang dilelang Pemkab Nisel | LPSE Kab. Nisel

10 Proyek yang dilelang Pemkab Nisel | LPSE Kab. Nisel

Facebook Comments