Ilustrasi e-KTP/IST

Ilustrasi e-KTP/IST

NIASONLINE, JAKARTA – Tidak sedikit yang masih bingung dengan bagaimana seharusnya perlakuan pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik (E-KTP) yang baru, termasuk masyarakat di Pulau Nias.

Polemik soal bisa tidaknya KTP tersebut difotokopi di berbagai media membuat masyarakat terus bertanya-tanya bagaimana informasi yang sebenarnya.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pun membuat klarifikasi dan sekaligus penegasan mengenai masalah itu.

Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman mengatakan, tidak ada larangan sama sekali bagi masyarakat untuk memfotokopi KTP baru tersebut. KTP berteknologi tinggi tersebut, tegas dia, bisa difotokopi dan bila difotokopi berulang-ulang pun tidak akan mengalami kerusakan.

“Jadi, kami mau meluruskan, tidak ada larangan bagi masyarakat untuk memfotokopi e-KTP. Juga bahwa e-KTP tidak akan rusak bila difotokopi,” ujar Irman di Jakarta, Rabu (15/5/2013).

Dia menjelaskan, surat edaran yang selama ini kemudian menjadi polemik, sebenarnya ditujukan kepada semua instansi terkait yang memungkinkan menggunakan KTP masyarakat dalam urusannya.

Di instansi-instansi tersebut, KTP diminta tidak difotokopi melainkan dibaca menggunakan card reader untuk mengetahui data sebenarnya pemilik atau pengguna KTP tanpa harus meminta fotokopinya.

Meski begitu, dia mengimbau masyarakat, untuk mencegah kerusakan fisik untuk jangka lama, e-KTP itu sebaiknya difotokopi sekali saja. Hasil fotokopi tersebut kemudian dijadikan ‘master’ yang kemudian bisa difotokopi kapan saja diperlukan.

Dia juga mengingatkan, karena KTP baru tersebut menggunakan chip yang menyimpan data lengkap pengguna, maka harus menghindarkan tindakan menstaples.

Sebelumnya, masalah fotokopi e-KTP tersebut menjadi polemik karena adanya penjelasan dari pihak Kemendagri bahwa KTP tersebut hanya bisa difotokopi sekali.

Sontak hal itu menimbulkan reaksi sekaligus kebingungan masyarakat yang dalam berbagai urusan selalu menggunakan fotokopi KTP untuk melengkapi berkas sesuai keperluannya. (EN)

Facebook Comments