Kampus UI Depok (Foto: IST)

Kampus UI Depok (Foto: IST)

NIASONLINE, JAKARTA – Ini kabar baik bagi para siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi negeri bergengsi.

Yakni, Universitas Indonesia, mengumumkan pembebasan uang pangkal bagi para mahasiswa baru S-1 reguler pada tahun akademik 2013/2014.

Tanpa terkecuali, semua mahasiswa baru itu hanya akan dikenai uang kuliah atau biaya operasional pendidikan berkeadilan (BOP-B).

“Pembebasan uang pangkal bagi mahasiswa S-1 reguler dimungkinkan karena kebijakan UI untuk mengalokasikan beban biaya uang pangkal dari anggaran bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN) yang diperoleh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” ujar Sekretaris UI Ketut Surajaya dalam siaran persnya, Minggu (3/2/2013).

Dia menjelaskan, BOPTN merupakan bantuan operasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi perguruan tinggi negeri untuk mendorong peningkatan kualitas perguruan tinggi.

Kebijakan itu, kata dia, sebagai salah satu wujud komitmen UI untuk memeratakan kesempatan bagi seluruh lapisan masyarakat agar bisa berkuliah di universitas itu, terutama bagi mereka yang memiliki kemampuan akademik meski secara ekonomi terbatas.

Nah, bagi Anda putra-putri Nias yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, jangan sia-siakan kesempatan ini. Tentu syarat utamanya, harus didukung kemampuan akademik yang bagus dan mengikuti prosedur pendaftaran yang telah ditentukan. Jadi, bagi Anda yang sekarang dijenjang terakhir sekolah menengah atas, persiapkan diri dengan baik. (EN)

Facebook Comments