Mau Lapor Keluhan & Tindak Kriminal ke Polisi? Hubungi Saja 110

Wednesday, January 30, 2013
By susuwongi

Wakapolri Komjen Nanan Sukarna (Foto: Republika)

Wakapolri Komjen Nanan Sukarna (Foto: Republika)

NIASONLINE, JAKARTA – Tak sedikit masyarakat yang mengalami kendala ketika ingin menyampaikan keluhan ataupun melaporkan sebuah tindakan kriminal ke kepolisian.

Baik karena jauhnya pos atau kantor polisi, maupun karena ketidakadaan fasilitas layanan khusus pengaduan melalui telepon. Atau kalaupun ada, mungkin banyak yang tidak bisa mengingatnya karena berupa deretan banyak nomor yang sulit diingat.

Kini, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mencoba mengatasi kesulitan itu. Yakni dengan meluncurkan saluran khusus panggilan darurat (emergency call center) dengan nomor khusus 110.

Melalui nomor khusus itu, semua keluhan masyarakat terhadap pelayanan kepolisian maupun kejadian tindakan kriminal di seluruh Indonesia akan ditampung.

Selanjutnya, seperti diungkapkan Wakil Kapolri Komjen Nanan Sukarno, setiap laporan yang
masuk tersebut kemudian akan diteruskan langsung ke polres-polres setempat darimana pengaduan itu datang untuk segera ditindaklanjuti.

“Semua aduan masyarakat akan ditampung call center Polri, dan kemudian diteruskan ke
polres-polres setempat. Harapannya bisa cepat memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Nanan di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) di Jakarta, Rabu (30/1/2013).

Dia menjelaskan, call center bebas pulsa tersebut akan beroperasi selama 24 jam dan dilayani oleh 100 operator. Layanan itu bertempat di City Walk Lantai 3, Jalan Sudirman, Jakarta.

Warga yang menelpon, juga dipastikan tidak dikenai biaya alias gratis.

“Adapun biaya operasional call center ditanggung oleh negara, melalui kerjasama Polri dan PT Telkom,” jelas dia.

Nanan mengakui, saluran khusus pengaduan itu merupakan pengganti dari nomor 112 yang pernah diluncurkan namun tidak optimal pemanfaatkannya. (EN)

36 Responses to “Mau Lapor Keluhan & Tindak Kriminal ke Polisi? Hubungi Saja 110”

Pages: « 1 2 3 [4] Show All

  1. 31
    Udin Susilo Says:

    Percuma nomor 110 ga fungsi, saya coba telpon mau pengaduan pemalakan, malah dimatikan.

  2. 32
    Gismas Says:

    Pak saya mau lapor ,2 hari lalu tepatnya hari minggu tanggal 13 desember 2015 saya di palak sama pedagang didalam biss gara gara saya tidak mau beli power bank di terminal pulo gadung,saya tetep gak mau beli saya mau melawan eh piso si pedagang asongan yang menjual power bang malah sudah ada di perut mengancam saya,dan penumpang di dalan bis ternyata bukan penumpang tetapi temannya bersama supir buss,uang saya raaib 500 rb ,saya Syok pak,saya mau melawan tetapi piso si pedagang yang menjual power bang uda di perut saya,tolong pak polisi di terminal pulo gadung di perbanyak dan pedagang yang dianggap berbahaya segera di tangkap pak

  3. 33
    Sarah Fauziah Says:

    saya merasa risih dengan kelakuan mahasiswa dr atki indosiar yg bukan suami istri tp tinggal bersama dikosant, bahkan hampir setiap malam mereka bertengkar sampai mengganggu saya, karena mereka ngekost pas disamping saya, saya pulang kerja ingin istirahat tetapi terganggu oleh ulah mereka.. moho untuk ditindak lanjuti, karena ini menyangkut kenyamanan dan juga tindakan asusila, kosant saya di daerah jl.karya no.4c depan halte indosiar persis.. terima kasih.

  4. 34
    Bukhori Syafe'i Says:

    Pak polisi tolong di brantas calo2 di pulo gadung, modus nya jual ticket bus tapi ada unsur pemaksaan dgn harga yg tdk sewajarnya, seperti pemerasan, tolong di tindak lanjuti klau memang polisi peka dan melayani masyarakat…

  5. 35
    Choysa Al Majruuh Says:

    pak, saya mau lapor kriminal penting banget, hubungi kemana ya,,,

  6. 36
    Syamsir Siregar Says:

    Tolong dibenahi saja,yang tukang Tilang di Lintas Sumatra,terutama yang di AN agar lebih mengajari kami berlalulintas dan perlengkapan kenderaan yang benar,Sim Ok STNK Ok,Adalalagi perlengkapan nya expire,ujung nya,tahu sendirilah ( 7 May 2016),Tapi ini oknum,yang lain banyak yang baik di Area Torgamba dan sekitar nya ada 2,tapi baik dan sopan,mereka hanya tanya Sim dan Stnk.sudah Ok,jalan (6 May 2016 ).Puji tuhan.Maaf.mungkin kami salah,karena ketidak tahuan kami,maklum rakyat kecil.Kejadian ini terjadi di Hari Sabtu 7 May 2016 siang.Mks dan sebagai masukan saja.Mudah mudahan rakyat awam ini bisa diayomi.

Pages: « 1 2 3 [4] Show All

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

January 2013
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031