Mau Lapor Keluhan & Tindak Kriminal ke Polisi? Hubungi Saja 110

Wednesday, January 30, 2013
By susuwongi

Wakapolri Komjen Nanan Sukarna (Foto: Republika)

Wakapolri Komjen Nanan Sukarna (Foto: Republika)

NIASONLINE, JAKARTA – Tak sedikit masyarakat yang mengalami kendala ketika ingin menyampaikan keluhan ataupun melaporkan sebuah tindakan kriminal ke kepolisian.

Baik karena jauhnya pos atau kantor polisi, maupun karena ketidakadaan fasilitas layanan khusus pengaduan melalui telepon. Atau kalaupun ada, mungkin banyak yang tidak bisa mengingatnya karena berupa deretan banyak nomor yang sulit diingat.

Kini, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mencoba mengatasi kesulitan itu. Yakni dengan meluncurkan saluran khusus panggilan darurat (emergency call center) dengan nomor khusus 110.

Melalui nomor khusus itu, semua keluhan masyarakat terhadap pelayanan kepolisian maupun kejadian tindakan kriminal di seluruh Indonesia akan ditampung.

Selanjutnya, seperti diungkapkan Wakil Kapolri Komjen Nanan Sukarno, setiap laporan yang
masuk tersebut kemudian akan diteruskan langsung ke polres-polres setempat darimana pengaduan itu datang untuk segera ditindaklanjuti.

“Semua aduan masyarakat akan ditampung call center Polri, dan kemudian diteruskan ke
polres-polres setempat. Harapannya bisa cepat memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Nanan di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) di Jakarta, Rabu (30/1/2013).

Dia menjelaskan, call center bebas pulsa tersebut akan beroperasi selama 24 jam dan dilayani oleh 100 operator. Layanan itu bertempat di City Walk Lantai 3, Jalan Sudirman, Jakarta.

Warga yang menelpon, juga dipastikan tidak dikenai biaya alias gratis.

“Adapun biaya operasional call center ditanggung oleh negara, melalui kerjasama Polri dan PT Telkom,” jelas dia.

Nanan mengakui, saluran khusus pengaduan itu merupakan pengganti dari nomor 112 yang pernah diluncurkan namun tidak optimal pemanfaatkannya. (EN)

36 Responses to “Mau Lapor Keluhan & Tindak Kriminal ke Polisi? Hubungi Saja 110”

Pages: « 1 2 [3] 4 » Show All

  1. 21
    Aed Aden's Raihan Says:

    gimana pak??? blum juga d tanggapi keluhan saya..

  2. 22
    Dieke Airlangga Says:

    Maaf sebelumnya.
    Pak saya ad keluhan knp anggota polisi kok g ramah sm skli. Kmren sy k kantor polres kota probolinggo utk mngunjungi Napi ats nm bpk bambang siswoyo atu bs dsbt bpk juki ats kasus asusila wktu saya masuk k tahanan mau ngasihkan mknan gak 5menit beranix slh satu anggota polisi bentak2 dan pukul pintu dhdapan sy. Klu kyk gt bagaimn bs sy akan mpercyai polisi lg.

  3. 23
    LontDame Lontong Says:

    tolong judian di kampung karang swela kec. tanjung kabupaten lombok utara NTB d tutup karena dikelola oleh seorang POL PP di buka setiap hari minggu sekitar jam 11 pagi dan judian tersebut bernama judian loto/bingo ,, mohon bapak polisi agar cepat membersihkan karena meresahkan

  4. 24
    Milda Hope Says:

    toloooong kasusku ini pak uang hasil penjualan tasku diambil sama ibu asriani saya sudah melaporkan no. laporanku STPL/97/II/2015/RESTABES MKS/SEK.MAMAJANG sudah mediasi dan sampai sekarang sepakat untuk buat surat pernyataan pembayaran 500ribu tetapi ibu asriani tidak datang ke kantor polisi saya sudah bertanya kepada polisi yang menangani kasusku katanya sudah berapakali di telepon untuk datang tapi tidak datang-datang terakhir saya mendapat kabar bahwa ibu asriani sudah pindah ke irian. Pak kenapa ini dibiarkan terjadi kenapa penanganan kasusku lambat penangannya bulan 2 saya melapor. Rumah ibu asriani itu hanya 2 kilo dari kantor polisi kenapa tidak dijemput pada saat itu ketika ditelepon tidak mau datang.

  5. 25
    Nana OIsina K Says:

    Sy mo nanya untuk penyerahan kasus dari polres ke kejaksaan berapa lama ?.soalnya sodara sya baru 1hari kasus nya ada dipolsek lsg ada di polres dan 2 hari kemudian kata pihak kepolisian di polres kasus nya sudah ada di kejaksaan..tolong jawaban nya.

  6. 26
    Gifari Back Fllow Says:

    tolong bapak di pancor muhajirin lombok timur ada perjudian secara online dengan website pangerantoto.com tolong di tinjak lanjuti mereka main secara private ni pak tolong ya pak

  7. 27
    Dodi Pavyruzz Says:

    pak saya minta tolong pak perjudian di muhajirin ini semakin menjadi pak langsung di grebek aja pak mereka liburnya selasa jumat pak mulai main nya jam 2 pak mohon di tindak lanjuti pak

  8. 28
    Suntoro Denys Says:

    Terminal pulo gadung msih banyak penipuan berkedok calo tiket bahkan petugas penjual tiket rata”penipu semua sdah ada kongkallikong sama calo coba bapa komandan sruh anak buahnya mengintai para preman ….di plo gdung

  9. 29
    Ubiscom Tonjong Says:

    PAK Saya pada tanggal 21 Oktober kena tilang di wilayah hukum Polres Majalengka Jawa Barat dan STNK saya di ambil oleh petugas untuk mengikuti sidang pada tanggal 30 Oktober, tapi pas tanggal 30 Oktober saya akan mengikuti sidang Tilang di pengadilan setelah di Cek data berkas saya tidak ada, terus saya di suruh cek di Polres Majalengka, setelah di Cek ternyata berkas saya beserta STNK juga tidak ditemukan, jadi harus gimana ini pak, saya bulan nopember harus pajak kendaraan. tolong di komfirmasi pak ke Polres Majalengka atas kelalaian ini. terima kasih

  10. 30
    Fatma Sari Murti Says:

    Pak saya mau lapor kemarin sya kena tipu sebesar 9jt 300 rb dengan situs onlen …nama si penipu :Eko Gunawan
    No rek : BNi0250486208
    No hp : 082292758713
    Dengan situs Dirgahayu Cell Matarm.mohon minta bantuannya ya pak

Pages: « 1 2 [3] 4 » Show All

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

January 2013
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031