Tahun Ini, Kemenhub Kembangkan Bandara Binaka

Wednesday, January 23, 2013
By susuwongi

Yasonna H Laoly (Foto: FB)

Yasonna H Laoly (Foto: FB)

NIASONLINE, JAKARTA – Tahun ini, pemerintah pusat mengalokasikan anggaran untuk pengembangan bandara Binaka, Nias.

Dana yang belum diketahui pasti besarannya tersebut, akan digunakan untuk perluasan dan penambahan panjang landasan pacu bandara tersebut.

Kepastian pengalokasikan anggaran tersebut, diungkap anggota DPR RI asal daerah pemilihan Pulau Nias Yasonna H Laoly.

Dia menjelaskan, persetujuan itu diberikan oleh Menteri Perhubungan EE Mangindaan menyusul pertemuan yang dilakukan beberapa bulan sebelumnya bersama para kepala daerah dari lima daerah di Pulau Nias.

Dia menjelaskan, yang hadir pada pertemuan tersebut, selain dirinya adalah Bupati Nias, Walikota Gunungsitoli, Bupati Nias Barat, Bupati Nias Utara dan Wakil Bupati Nias Selatan.

“Pak Menteri setuju dan akan mengalokasikan anggaran tersebut tahun ini,” ujar dia saat dikonfirmasi Nias Online, Rabu (23/1/2013).

Saat ini, Bandara Binaka memiliki landasan pacu dengan lebar 30 meter dan panjang 1.800 meter. Rencananya, landasan pacu tersebut akan ditingkatkan dengan panjang mencapai 2.500 meter atau penambahan 700 meter lagi.

Karena landasan pacu yang pendek tersebut, bandara itu hanya bisa didarati pesawat-pesawat kecil sejenis Cassa, Cessna, Fokker dan ATR. Pesawat berbadan lebar seperti Boeing dan Airbus belum bisa mendarat di sana.

Dalam pertemuan itu, juga diminta adanya perhatian pada pengembangan bandara Lasondre di Pulau-Pulau Batu, Nias Selatan. Juga adanya penambahan kapal ferry ke Nias Selatan.

Pesawat BAE-100 Manunggal Air Service di Bandara Binaka, 4 Januari 2013 (Foto: Dewi Nehe)

Pesawat BAE-100 Manunggal Air Service di Bandara Binaka, 4 Januari 2013 (Foto: Dewi Nehe)

Sidang Raya PGI

Yasonna menjelaskan, pembangunan infrastruktur vital di Pulau Nias sangat mendesak dilakukan tahun ini. Pasalnya, pada 2014, di Pulau Nias akan ada perhelatan nasional berupa Sidang Raya ke-16 Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI).

Pada acara tersebut, perwakilan gereja-gereja dari seluruh Indonesia bahkan dari luar negeri juga akan hadir. Dan seperti biasa, presiden pasti diundang dan biasanya menghadiri acara pembukaan.

“Karena 2014 ada event besar di Nias, Sidang Raya PGI. Jadi, perlu perbaikan infrastruktur termasuk perbaikan jalan,” kata dia.

Mengenai besaran dana yang dialokasikan, Yasonna belum bisa memastikannya karena belum mengeceknya lagi. (EN)

Tags:

8 Responses to “Tahun Ini, Kemenhub Kembangkan Bandara Binaka”

  1. 1
    Kesatuan Mahasiswa NISEL Jakarta Says:

    Kita doakan dan kita dukung dengan sepenuhnya untuk kemajuan kita bersama, semoga ini bisa menjadi kenyataan dengan adanya persatuan dan kesehatian dari semua kPEMDA, Stackholder dan masyarakat sekepulauan NIAS, maka semuanya pasti terealisasi dgn baik.

    Sabbath Shalom….,!!!!

    ”YA’AHOWU”

  2. 2
    Nias Cyber Network Says:

    binaka dah jelas,, lasondre sudah bisa digunakan, Apa Kabar Bandara “SILAMBO”???? dana pembangunannya di telap terusYa??? hahahahahahah…

  3. 3
    P. Jaya Harefa Says:

    Kita doakan saja, semoga semuanya itu tidak berhenti sampai disini yang akhirnya cuma janji belaka…..

    Karena sudah saatnya, supaya akses armada penerbangan lainnya pun bisa masuk, sehingga harga ticketnya bisa bersaing, bahkan pelayanannya juga semakin baik lagi.

    Ya’ahowu…..

  4. 4
    bolododo halawa Says:

    semoga saja bukan politik pencitraan saja ini menjelang Pemilu 2014, siapa sih pak Yason L…

  5. 5
    mardin_laoli Says:

    smoga bisa terlaksana sesuai dgn rencana, dgn dukungan masyarakat dan pemda nias, kita semuanya berpikir positif dalam membangun nias yg kita cintai ini.

  6. 6
    Yulisman Lase Says:

    jgn sampai program pembangunan Nias di jadikan sbg alat politik…

    masalah pembangunan Bandara Binaka..Lahan Bandara Binaka yg lama itu masih sengketa..lahan itu dulunya hasil rampasan secara paksa para penguasa Orde Baru..

    sidang PGI muda2han tertunda..krn lokasi sidang belum jelas.

  7. 7
    oyatiaroharefa Says:

    sangat setuju…

  8. 8
    Anugrah Laia Says:

    Kita doakan dan berjuang bersama-sama agar mimpi besar ini menjadi kenyataan. Tentunya dibutuhkan kesehatian, kerja sama yang baik dan komitmen yang kuat seluruh masyarakat pulau Nias ( Baik pemimpin maupun yang dipimpin ).
    Sebagai anggota masyarakat yang baik maka tentunya apresiasi yang tak terlukiskan kepada para pemimpinku yang telah berusaha untuk memperhatikan rakyatnya ( Pemerintah Pusat, Pemda dan Anggota DPR Pusat dan Daerah ).
    Dengan membangun Pendidikan, infrastruktur, ( dalam hal ini berkaitan dengan transportasi Darat,laut, Udara ), dan Kesehatan di Nias maka bisa dipastikan bahwa Nias akan bersaing dengan daerah-daerah yang lain sekaligus dapat berdampak dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat Nias
    Sangat setuju dengan yang Beliau telah menyampaikan bahwa infrastruktur merupakan salah satu yang vital untuk dikerjakan! Namun harapan kami Pak Laoli bukan saja karena perhelatan Nasional dalam hal ini Sidang Raya PGI tetapi memang benar-benar masyarakat Nias membutuhkan hal itu. Semoga menang lagi menjadi anggota DPR RI. Demikian juga Beliau-beliau yang lain. Walupun berbeda Partai tapi satu tujuan untuk membangun Nias yang tercinta. Ya’ahowu ( Mibologo dodomi naso zitetutu ba dodo mi bazuragu da’a ) Saohagolo. Terimakasih

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

January 2013
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031