Seminar “Potensi Pemuda, Prospek & Tantangan Masa Depan” Terlaksana Dengan Baik

Monday, January 21, 2013
By susuwongi

Dr Hekinus Manaö dan Kombes Asli Manaö saat menjadi pembciara (Foto: Panitia)

Dr Hekinus Manao dan Kombes Asli Manaö saat menjadi pembciara dan Herbert Wau sebagai moderator (Foto: Panitia)

NIASONLINE, JAKARTA – Pelaksanaan seminar bertema “Pemuda, Prospek dan Tantangan Masa Depan” yang digelar pada 26-27 Desember 2013 di Desa Bawömataluo telah berjalan dengan baik.

Demikian kesimpulan laporan dari panitia pelaksana seminar yang diterima redaksi Nias Online pada 12 Januari 2013 lalu.

Panitia yang dipimpin oleh Nasowanolo Wau tersebut beranggotakan 70 orang. Jumlah panitia yang sebanyak itu bukan tanpa alasan. Yakni, melibatkan sebanyak mungkin pemuda Desa Bawömataluo dalam peran aktif mengambil bagian dalam pelaksanaan seminar dengan motto “Bumbu Desa, Menu Internasional” tersebut.

Selain akan menjadi bagian dari seminar dimana para pemuda bisa belajar secara langsung, pelibatan mereka juga akan menjadi bekal untuk pelaksanaan kegiatan-kegiatan serupa di masa mendatang.

Pembukaan seminar oleh Bupati Idealisman Dachi (Foto: Panitia)

Pembukaan seminar oleh Bupati Idealisman Dachi (Foto: Panitia)

Dalam paparannya mengenai pelaksanaan kegiatan itu, panitia mengakui, meski terjadi kekurangan di sana-sini, namun semua pihak telah bekerja keras dan menunjukkan kinerja terbaiknya.

Acara itu sendiri dihadiri oleh 347 orang di luar panitia sebanyak 70 orang. Jumlah itu memang dibawah target kapasitas yang disediakan yang mencapai sekitar 500 orang.

Para peserta, selain para pemuda dari desa Bawömataluo, juga para pemuda dan mahasiswa yang berasal dari berbagai desa dan kecamatan di Nias Selatan.

Seperti diketahui, acara seminar yang untuk pertama kalinya digelar di Desa Bawömataluo tersebut bersamaan dengan kegiatan pulang kampung sejumlah warga desa itu dari perantauan untuk merayakan Hari Natal dan Tahun Baru di kampung halaman.

Kompol Hilarius Duha dan Hakim Disiplin F Manaö sebagai pembicara dan Anton Anototona Zagoto sebagai moderator (Foto: Panitia)

Kompol Hilarius Duha dan Hakim Disiplin F Manao sebagai pembicara dan Anton Anötötöna Zagötö sebagai moderator (Foto: Panitia)

Kebetulan di antara mereka, ada beberapa yang telah sukses di bidang mereka. Karena itu, mereka pun didaulat jadi pembicara pada seminar itu. Selain berbagi ilmu, juga berbagi pengalaman yang bisa jadi bekal bagi para pemuda untuk masa depan mereka.

Mereka adalah Dr. Hekinus Manaö, AK, MACC, CGFM (mantan Executive Director World Bank), Kombes Drs. Asli Manaö, SH (Mabes Polri), Kompol Dr. Hilarius Duha, SH, MH (Kepala Bagian Pengawas Penyidik Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya), Disiplin F. Manaö, SH, MH (Hakim Tinggi Balitbangdiklat Mahkamah Agung), Dr. Hadirat Manaö, SH, MH (Mantan Ketua DPRD Nias Selatan), Waspada Wau (Community Facilitator of ILO).

Dalam seminar itu, sejumlah topik jadi fokus pembahasan. Yakni, Motivasi Untuk Sukses dan Berprestasi; Bahaya Narkotika; Peluang Menjadi Prajurit TNI, POLRI dan Tantangannya; Memahami Hukum Negara RI, Terutama Penyelenggaraan Pemerintah; Kabupaten Nias Selatan,
Dinamika Menjelang Satu Dasawarsa Pemekaran; dan Akar Tradisi Eksitensi Modernisasi.

Waspada Wau dan Hadirat Manaö sebagai pembicara dengan Faböwösa Laia sebagai moderator (Foto: Panitia)

Waspada Wau dan Hadirat Manao sebagai pembicara dengan Fabowosa Laia sebagai moderator (Foto: Panitia)

Acara itu sendiri dibuka secara resmi oleh Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi. Dalam sambutannya, Idealisman mengapresiasi acara tersebut.

Menurut dia, acara itu sangat positif karena melalui seminar itu para pemuda akan memeroleh pemahaman dan menambah wawasan tentang potensi diri mereka untuk menghadapi dan menyikapi situasi serta masa depan yang penuh tantangan diera global ini.

Pada kesempatan itu, Idealisman juga memberi apresiasi khusus kepada Dr Hekinus Manao yang menurut dia, salah satu dari sedikit putra terbaik Nias yang kebetulan berasal dari Desa Bawomataluo yang kini telah ‘go internasional’.

“Bapak Dr Hekinus Manaö, Anda adalah kebanggaan kami, kebanggaan Indonesia. Sangat relevan dengan motto acara ini yang mengatakan “Bumbu Desa, Menu Internasional” yang memberikan makna, bahwa “Biar anak kampung, tetapi tidak kampungan”,” jelas dia.

Peserta seminar (Foto: Panitia)

Peserta seminar (Foto: Panitia)

Tujuan dan Sasaran

Acara itu sendiri dirancang dengan tujuan meningkatkan para pemuda untuk memahami potensi yang dimiliknya dan mengembangkannya untuk kekayaan pribadi dan kebanggaan masyarakat sosialnya.

Para pemuda juga membentengi dirinya dengan hal-hal positif sedemikian rupa sehingga tetap berfokus pada tujuan utamanya dan memberikan jaminan keberhasilan.

Serta, menumbuhkan rasa menghargai potensi yang dimiliki, menginspirasi untuk memiliki prospek atau pengharapan baik untuk masa depan dan memberikan pemahaman bahwa tantangan hanyalah sebuah proses untuk mematangkan mental dan kepribadian.

Diharapkan, ke depan, para pemuda bisa berperan dalam menyukseskan pembangunan di Nias Selatan.

Meski begitu, panitia dengan Sekretaris Wilhelmus Haria dan Bendahara Matius Zagötö tersebut menyadari banyak kekurangan dari pelaksanaan kegiatan itu. Tentu saja, itu akan menjadi bahan untuk penyempurnaan pada kegiatan-kegiatan lain di masa mendatang.

Peserta seminar (Foto: Panitia)

Peserta seminar (Foto: Panitia)

“Kami menyadari begitu banyak kelemahan, kekurangan baik dalam pelayanan peserta dan narasumber maupun tamu lain yang kami undang pada acara pembukaan, terlebih-lebih kepada donatur kami yang sudah menyumbangkan berupa materi, dengan rendah kami mohon maaf. Demikian laporan pelaksanaan ini, besar harapan kami sumbang saran dan kritik dari berbagai pihak sangat kami harapkan, guna koreksi pada kegiatan-kegiatan selanjutnyam,” jelas Nasowanolo. (EN)

2 Responses to “Seminar “Potensi Pemuda, Prospek & Tantangan Masa Depan” Terlaksana Dengan Baik”

  1. 1
    John Sisokhi Amuata Says:

    …(y) (y)…”
    =D /
    ♊ ♏ΰå媪ªη†åªªpþp.. Bray

  2. 2
    John Sisokhi Amuata Says:

    …(y) (y)…”
    =D /
    ♊ ♏ΰå媪ªη†åªªpþp.. Bray

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

January 2013
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031