Bupati Nisel Idealisman Dachi (Foto: Etis Nehe)

NIASONLINE, Jakarta – Pemerintah Kabupaten Nias Selatan (Nisel) kembali menggelar perayaan Natal besar-besaran. Menyambut perayaan kelahiran Juru Selamat itu, Pemkab mencanangkan perayaan yang lebih meriah dari tahun sebelumnya.

Perayaan akan berlangsung sebulan penuh dan akan dibuka langsung oleh Bupati Nisel Idealisman Dachi pada 1 Desember 2012 di Lapangan Orurusa, Teluk Dalam.

Kemudian, pada 27 Desember 2012 juga akan digelar konser Rohani yang akan dimeriahkan oleh artis ibukota jebolan Indonesian Idol, Mike Mohede dan artis rohani Eka Deli, juga dari Jakarta.

Penampilan mereka akan didukung oleh Clavinos Sound yang didatangkan dari Medan dan akan mengerahkan sound system berkekuatan 40.000 watt berserta system lighting dan peralatan musiknya.

Sebagai acara puncak, pada 28 Desember 2012, akan digelar perayaan Natal Oikumene Nias Selatan. Renungan pada acara itu akan dibawakan oleh Pdt. Oktavianus Mariepan M. Th, Sekretaris Umum Gereja Elim Indonesia. Pada perayaan itu, seluruh gereja dari berbagai denominasi di Nias Selatan turut diungnag.

Terkait kegiatan itu, Bupati Idealisman mengatakan, kegiatan itu merupakan langkah dimana Nias Selatan membiasakan diri menggelar kegiatan berskala besar bahkan hingga level nasional dan internasional.

“Nias selatan harus bangkit dan mampu melaksanakan kegiatan level Nasional bahkan internasional, lebih-lebih ini kegiatan kerohanian. Kalau kita tidak memulainya kapan lagi? Dan siapa lagi yang mendirikan fondasi kebangkitan itu di Nias selatan?” jelas dia dalam rilis yang diterima Nias Online, Rabu (28/11/2012).

Bupati Idealisman pun mengundang seluruh umat Kristen di seluruh Kepulauan Nias, bahkan warga Kristian lainnya dari seluruh Indonesia untuk menghadiri perayaan itu.

“Kepada umat Kristiani di seluruh Kepulauan Nias, dan bahkan seluruh Umat Kristiani dan sahabat Kristen dari berbagai agama di seluruh Indonesia, datang dan berkunjunglah ke Nias selatan. Kedatangan Bapak/Ibu dan saudara-saudari, menambah semangat kami bahwa kini saatnya kami bangkit dan berubah. Karena kami bisa. Ya, amin. Nias Selatan bisa,” kata dia.

Banner X’Mas Market Nias Selatan (Foto: Noni Telaumbanua)


Pasar Natal (X’Mas Market)

Perayaan itu juga disertai dengan penggelaran Pasar Natal (X’mas Market) selama sebulan penuh.

Berbagai jenis barang dan makanan akan dijajakan di 150 stan yang telah disediakan panitia. Mereka berasal dari berbagai penjuru Pulau Nias, bahkan luar daerah, termasuk dari Pulau Jawa.

”Animo para pedagang begitu besar. Bahkan, pedagang yang sudah mendaftar telah mencapai 250 orang” ujar Ketua panitia Kharisman Halawa yang juga Kadis Deperindag Nias Selatan.

Dia menjelaskan, dalam perayaan itu, juga akan digelar karnaval Sinterklas terbesar, yang mungkin saja terbesar di Indonesia. Pasalnya, karnaval itu diperkirakan akan diikuti sekitar 20-30 ribu orang.

Selain itu, di pusat kota Teluk Dalam, tepatnya di Simpang Lima, akan didirikan pohon Natal raksasa.

Sedangkan acara lainnya adalah juga digelar pasar malam, penampilan atraksi seni dan budaya Nias Selatan, promosi kerajinan tangan khas Nias Selatan, Lomba Vocal Solo, Festival band dan atraksi artis-artis dari berbagai daerah di Pulau Nias. (EN)

Facebook Comments