Kepala BPBD Nisel Jadi Tersangka Dugaan Korupsi Dana Bencana Mazö

Friday, November 9, 2012
By susuwongi

NIASONLINE, Jakarta – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nias Selatan Arotötöna Mendröfa ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana tanggap darurat bencana alam Tahun 2011. Dia dinilai telah menyalahgunakan dana itu sehingga merugikan negara.

“AM segera kita panggil untuk diperiksa sebagai tersangka. Dia ditetapkan sebagai tersangka karena penyidik menemukan penyimpangan yang dilakukan tersangka sebagai pengelola anggaran dan pendistribusi bantuan,” kata Kasi Penkum Kejati Sumut Marcos Simaremare, Rabu (7/11/2012).

Dia memaparkan, kasus ini berawal dari laporan masyarakat yang menemukan adanya kejanggalan dalam penggunaan anggaran bencana di Kecamatan Mazo, Nias Selatan.

Tim penyelidik Kejati Sumut kemudian menemukan adanya anggaran yang dialokasikan tidak sesuai peruntukkannya. Dana yang diberikan ke BNPBD Nias Selatan juga diduga disimpangkan.

Bantuan dengan total sekitar Rp 5 miliar itu dialokasikan setelah sejumlah kawasan di Nias Selatan mengalami bencana banjir, tanah longsor dan puting beliung pada 30 November 2011. Namun, dinilai ada penyimpangan pada distribusi dana ini.

Kerugian negara akibat penyimpangan ini masih dihitung. “Kerugian negara akan diketahui setelah audit BPKP,” jelas Marcos.

Kasus dugaan korupsi ini mulai disidik pada Juli lalu. Penyidik sudah memeriksa 20 saksi dari berbagai instansi penerima bantuan bencana di Nias Selatan.

“Saksi yang diperiksa seperti dari Dinas Pendidikan, Dinas PU dan instansi lain yang menerima bantuan,” tegasnya.

Menurut Marcos, tidak tertutup kemungkinan akan adanya tersangka baru dalam kasus ini. “Sejauh ini masih satu tersangka. Kita tunggu saja perkembangannya,” pungkas Marcos.

Sumber: Merdeka.com

One Response to “Kepala BPBD Nisel Jadi Tersangka Dugaan Korupsi Dana Bencana Mazö”

  1. 1
    Haogo Says:

    Pasti ada Kolusi/persengkokolan tangkap yang lainnya

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

November 2012
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930