Jakarta (Nias Online) – Sesuai dengan amanat UU No.4 Tahun 1990, Perpustakaan Nasional melalui Direktorat Deposit Bahan Pustaka menyelenggarakan pemilihan Bahan Pustaka/Buku Terbaik. Proses seleksi/pemilihan ini telah dilangsungkan sejak tanggal 9 Mei sampai 3 September 2012. Berkaitan dengan ini Perpustakaan Nasional RI menganugerahkan Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka 2012 kepada Buku “Nias Bangkit: Langkah-Langkah Awal” sebagai Juara 1 Kategori Bahan Pustaka/Buku Terbaik. Buku ini ditulis oleh Esther GN Telaumbanua, SE, dan diterbitkan oleh Pustaka Sinar Harapan (PSH). Penghargaan kepada Penulis dan Penerbit diserahkan oleh Kepala Perpustakaan Nasional Dra.Sri Sularsih, MSc pada hari Senin tanggal 8 Oktober 2012 di Gedung Theater Perpustakaan Nasional RI Jakarta.

Selanjutnya pada tanggal 11 Oktober 2012 dilangsungkan penganugerahan penghargaan kepada seluruh pemenang enam kategori dalam acara “Gemilang Perpustakaan Nasional” di gedung SMESCO Tower Jakarta.

Penerima Anugerah Nugra Jasadarma Pustaloka 2012 selengkapnya adalah:

Kategori Buku (Bahan Pustaka):

Juara 1: Esther GN Telaumbanua (Nias Bangkit : Langkah-langkah Awal)
Juara 2: Hendra Surya (Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar)
Juara 3: H Tukiran Taniredja, dkk (Model-model Pembelajaran Inovatif).

Kategori Perpustakaan Desa:

Terbaik Cluster A : Perpustakaan Desa Ngagel Rejo, Surabaya (Jawa Timur); Terbaik Cluster B : Perpustakaan Tut Wuri Desa Pitahan (Kaltim); Terbaik Cluster C : Perpustakaan Mapideceng Desa Senga Selatan, Kab. Luwung (Sulsel).

Kategori Tokoh Masyarakat:

Trini Haryanti (Jawa Timur); Shri IB DarmikaMarhaenWedastera PS (Bali); Saufni Chalid (Sumatera Barat); M Amin Suprijatna (DKI Jakarta); Muhammad Nur (NTB); Andreas P Cornelius (Maluku); Naim Ali (Jawa Timur); Triwiyana; HA Kholiq Arif, MSi (Bupati Wonosobo, Jawa Tengah); Prof Dr Ir HM Nurdin Abdullah, M.Agr (Bupati Bantaeng, Sulsel); Syafaruddin Usman (Penulis, Pontianak, Kalbar); dan Nadi Mulyadi (Wartawan, Jogja TV).

Pemenang Lomba Bercerita Tingkat SD/MI:
Juara 1: Muthia Nur Tsabitha (Jambi)
Juara 2 : Rahardi (Sulsel)
Juara 3 : Naqdzayatun Nur Ivana Isa (Gorontalo).

Pustakawan Berprestasi Nasional:
Suharyanto (DKI Jakarta); Nazaruddin (Nanggroe Aceh Darussalam); Irkhamiyati (DI Yogyakarta).

Penerima Anugrah Lifetime Achievement adalah Dr Soekarman Kertosedono, MLS .

Salah satu penerima penghargaan adalah Dr Soekarman Kertosedono, MLS. Beliau adalah pencetus berdirinya Perpustakaan Nasiona dan merupakan Pustakawan Utama Pertama yang dimiliki Indonesia. Sementara penulis buku pemenang kategori bahan pustaka yaitu Esther GN Telaumbanua adalah Ketua Yayasan Tatuhini Nias Bangkit yang melaksanakan berbagai program pemberdayaan bagi masyarakat Nias pasca bencana. Esther juga aktif menulis berbagai tulisan tentang kehidupan masyarakat Nias.

Kepala Perpustakaan Nasional Sri Sularsih dalam sambutannya di acara tersebut menyampaikan ucapan terima kasih dan kebanggaannya kepada semua pihak, baik secara perseorangan maupun organisasi atas usaha dan dukungan dalam mengangkat citra, harkat dan pengembangan perpustakaan nasional dalam membantu tugas Pemerintah mencerdaskan dan meningkatkan kualitas masyarakat. Kerjasama dan koordinasi yang baik diharapkan dapat ditingkatkan untuk keberhasilan dan prestasi gemilang perpustakaan nasional di masa mendatang.

Dalam rangka publikasi Gerakan Nasional Indonesia Membaca sebagai tindak lanjut dari Pencanangan Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca yang dicanangkan Wapres Boediono, 27 Oktober 2011 lalu Perpusnas telah melaksanakan Roadshow ke berbagai daerah seperti Palembang, Semarang, Kupang, dan Surabaya disemarakkan dengan berbagai acara talkshow yang melibatkan berbagai pihak dengan tema “Jadikan Perpustakaan Sahabat Pintar Keluarga Indonesia”.

Pengembangan budaya membaca sangat erat kaitannya dengan perpustakaan. Selain memberikan apresiasi dan penghargaan kepada mereka yang berprestasi, Perpustakaan Nasional berharap lewat kegiatan-kegiatan yang dilakukan dapat meningkatkan budaya gemar membaca untuk mengejar ketertinggalan informasi, meningkatkan kualitas pendidikan dan apresiasi masyarakat terhadap perpustakaan.

Acara Penganugerahan Nugra Jasadarma Pustaloka dikemas dalam acara Gemilang Perpustakaan Nasional 2012 yang disemarakkan dengan musik dan persembahan lagu-lagu dari artis pendukung acara.
(/bo)