Turunan Gulö Terpilih Sebagai Ketua DPD Himni Sumatera Utara

Turunan Gulö (Foto: akun FB)

NIASONLINE, MEDAN – Musyawarah Daerah (Musda) II Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (Himni) Sumatera Utara (Sumut) menghasilkan kepengurusan baru.

Musda II yang digelar di Hotel Dana Toba Internasional pada 13-14 Juli 2012 tersebut menetapkan Turunan Gulö sebagai Ketua DPD Himni Sumut periode 2012-2016.

Bersama anggota KPUD Sumut tersebut, terpilih sebagai sekretaris adalah Drs. Primuadi Hia dan Bedali Lase, S.Th sebagai bendahara.

Seperti dikutip dari laporan panitia Musda II yang diterima Nias Online pada Rabu (18/7/2012), pada hari pertama Musda II diisi dengan kegiatan berupa atraksi budaya Nias. Yakni, atraksi Lompat Batu, Tari Perang dan Tari Moyo.

Kemudian dilanjutkan dengan diskusi panel dengan tema “Provinsi Kepulauan Nias: Urgensi, Prospek dan Strategi Perjuangan.”

Pada hari kedua, agenda meliputi penyampaian dan pembahasan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus DPD Himni Sumut Periode 2007-2012; pembahasan dan pengesahan pokok-pokok program DPD Himni Sumut Periode 2012-2016 dan pemilihan dan pelantikan Ketua serta Pengurus DPD Himni Sumatera Utara Periode 2012-2016.

Adapun narasumber dalam diskusi panel adalah Prof. Dr. Subhilhar, MA (Guru Besar FISIP USU), Dr. Yasonna H. Laoly (Anggota DPR/MPR RI) dan Drs. Firman Harefa.

Adapun hasil dari kegiatan tersebut, di antaranya:
1. Tersedianya ruang konsolidasi organisasi yang ditandai dengan kehadiran dan berpartisipasi aktifnya pengurus Himni di berbagai tingkatan serta dukungan berbagai pihak berkepentingan.
2. Adanya rekaman hasil evaluasi kinerja pengurus Himni Sumut Periode 2007-2012 serta organisasi Himni di lingkungan Sumut. 3. Terbentuknya kepengurusan DPD Himni Sumut Periode 2012-2016.
4. Terumuskan dan tersahkannya pokok-pokok program DPD Himni Sumut periode 2012-2016.
5. Terumuskannya beberapa agenda strategis yang dinilai punya dampak signifikan terhadap kemajuan Kepulauan Nias.

Peserta

Musda tersebut dihadiri sekitar 250 orang peserta. Di antaranya, anggota DPD/MPR RI Parlindungan Purba, Kepala Kesbang-Linmas Pemprov Sumut Drs. Eddy Sofyan mewakili Plt. Gubsu.

Selanjutnya, Ketua Umum Himni Agus Gea, Bendahara Umum Himni Marinus Gea, Ketua DPP Himni Soziafao Hia, dan Sekretaris Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) Himni Drs. Edison Ziliwu.

Dari kepala daerah di Pulau Nias, hadir Bupati dan Wakil Bupati Nias, Bupati Nias Utara, Bupati Nias Selatan, Wakil Walikota Gunungsitoli, Sekda Kota Gunungsitoli dan Sekda Nias Selatan.

Dari pimpinan dan anggota DPRD dari Kepulauan Nias, hadir di antaranya, Ketua DPRD Nias Utara Rasali Zalukhu, Wakil Ketua DPRD Kota Gunungsitoli Armansyah Harefa, Anggota DPRD Kota Gunungsitoli Damili R. Gea dan Anggota DPRD Nias Barat Emanuel Daeli.

Juga turut hadir Pengurus Pusat Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias (BPP PKN), pengurus DPD Himni Sumut, utusan DPC Himni se-Sumatera Utara dari 11 kab/kota. Juga hadir tokoh-tokoh masyarakat di Medan dan sekitarnya.

Di antaranya, Ketua Persatuan Masyarakat Nias Fatibaso Mendröfa, mantan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Sumatera Utara H. Harefa, Mantan Wakil Bupati Nias Selatan Daniel Duha dan Mantan Sekda Nias Selatan dan Pejabat di Pemprov Sumut Hengkie Yusuf Wau.

Sedangkan tokoh-tokoh agama, di antaranya hadir Sekum BNKP Dorkas Daely dan Bhisop Gereja Tuhan di Indonesia Drs. Peringatan Zebua.

Susunan dan Nama Pengurus DPD HIMNI Sumatera Utara Periode 2012-2016

Ketua : Ir. Turunan Gulö, MSP
Wakil Ketua : Saroli Giawa, S.E
Wakil Ketua : Kristian Telaumbanua, S.T, M.T
Wakil Ketua : Dra. Florensia Hulu
Wakil Ketua : Mahlil Hamdani Zebua
Wakil Ketua : Joniar Gulö, S.H

Sekretaris : Drs. Primuadi Hia, MSP
Wakil Sekretaris : Suartini Halawa, SE
Wakil Sekretaris : Amirudin Halawa, S.Sos
Wakil Sekretaris : Faano Daeli, S.Th
Wakil Sekretaris : Radiusman Zebua, S.T
Wakil Sekretaris : Fatieli Waruwu,

Bendahara : Bedali Lase, S.Th
Wakil Bendahara : Vera Christina Hulu, SPsi, M.Kes. (EN)

Komentari

Pak ketua bagaimana programming HIMNI kedepankan

arifulhaq says:

Selamat atas terpilihnya bapak Turunan Gulo sebagai ketua DPD HIMNI Sumut….!
Saya sarankan untuk bisa merangkul perkumpulan-perkumpulan masyarakat Nias yang sudah terlebih dahulu ada. Tks.
Yaahowu…
(Arifulhaq – moroi ba Sifahandro, Kec. Sawo, Nias Utara ; 0813 9646 1660)

Turunan Gulo says:

Pak Edison Hulu YTH.
Tks banyak ya. Saya akan sampaikan salamnya ke Bang Primuadi Hia. Salam buat warga dan pangurus HIMNI di Sumbar. Sehat2 dan sukses selalu. Tuhan memberkati. Yhw.

EDISON HULU, S.Th. M.Th says:

Kami mengucapkan selamat atas terbentuknya kepengurusan HIMNI Sumatera Utara dan kami turut berdoa semoga sukses dalam segala program ke depan sehingga HIMNI semakin jaya. Saya ucapkan selamat buat saudara dan sahabat saya Drs. Primuadi Hia MSP

kami keluarga besar HIMNI Kota Padang sumbar mengucapkan selamat

Pdp. IPTU EDISON HULU, S.Th,S.Pd.K,M.Th

Turunan Gulo says:

Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih banyak atas ucapan selamat dari para sahabat. Ini amat berharga dan bisa melipatgandakan semangat kami untuk melakukan yang terbaik bagi Nias. #Pak Hasan Yth. Kita lagi berupaya utk membentuk DPC HIMNI di seluruh kabupaten/kota di Sumatera Utara. Namun, kendala utamanya karena di kabupaten/kota sdh kian terbentuk organisasi masyarakat Nias. Membentuk HIMNI di kab/kota dianggap akan menghancurkan eksistensi organisasi masyarakat Nias yang sdh ada. Padahal, kehadiran HIMNI tdk mesti melucuti atau memberangus organisasi yg ada. HIMNI adalah organisasi yg hirarkhis, memiliki struktur dan jejaring di tingkat nasional. HIMNI bisa saja diposisikan sbg organisasi payung. Oleh karena itu, dialog dengan sesama warga Nias adalah langkah efektif untuk meyakinkan beberapa pihak yang masih “ogah” membentuk HIMNI di Kab/kota tertentu. Di luar itu, ketertarikan warga untuk membentuk atau mendukung HIMNI di daerah akan muncul bila HIMNI sendiri mampu membuktikan dirinya punya kemanfaatan. Ini tugas berat kami. Kita harus mulai. Mohon masukan dan dukungan. Yaahowu fefu. Yamutolo Ita Lowalangi.

Amir Hasan A says:

Bapak Ketua Yth. Turunan Gulo, selamat atas pembentukan Kepengurusan HIMNI Sumut walaupun menurut hemat kami tidak seluruhnya terakomodasi organisasi-organisasi masyarakat Nias yang ada di Sumut/Medan. Kami berharap kalau dibentuk kepengurusan di setiap Kab/Kota di Sumut kita harus merangkul semua lapisan organisasi agar tujuannya lebih handal dan menjadikan organisasi ini benar-benar milik masyarakat Kep Nias tanpa membedakan suku, ras, agama dll. Untuk Kota Medan/Kab Deli Serdang segera dibentuk kepengurusannya agar organisasi dan kepentingan serta keinginan masyarakat Kep Nias dapat ditampung dan disalurkan untuk direalisasikan. semoga,,,, Yaahowu,,, !

rino gulo says:

Selamat atas terpilihnya turunan gulo menjadi pengurus HIMNI, semoga dapat menampung semua inspirasi masyarakat nias untuk arah yang lebih baik.

Rino sardanto gulo
Kediri-jawa timur

Ivan Dachi says:

Selamat atas Terpilihnya Turunan B. Golo, SP, MSP sebagai Ketua DPD HIMNI Sumatera Utara masa bakti 2012-2016. Semoga Tuhan Yesus Sang Kepala Gerakan menyertai Tugas dan Pelayanan setiap hari.
Syalom…!!!

Ya’ahowu…!!!