Bupati Idealisman Benarkan Pemeriksaan Pejabatnya oleh Kejatisu

Monday, July 9, 2012
By susuwongi

Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi (Foto: EN)

NIASONLINE, JAKARTA – Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi membenarkan adanya pemeriksaan terhadap sejumlah pejabatnya oleh Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) terkait dugaan korupsi bantuan penanggulangan bencana akhir tahun lalu.

“Iya. Yang melaporkan adalah NM, EL dan IL. Mereka menuduh ada penyimpangan termasuk fiktif, tapi itu tidak benar, bisa dibuktikan di lapangan dan audit BPK,” ujar Bupati Idealisman kepada Nias Online di Jakarta, Minggu (8/7/2012).

Dia juga mempersilakan aparat penegak hukum untuk melakukan pemeriksaan.

Dia menegaskan, saat ini pihaknya menunggu hasil pemeriksaan. Bila tidak terbukti, kata dia, pelapor juga harus mempertanggungjawabkan laporannya itu.

Ditanya mengenai bentuk sikap yang akan diambil apabila tuduhan itu tidak terbukti ataupun terbukti, dia tetap menegaskan akan menunggu hasil pemeriksaan.

“Silakan diproses dengan baik. Kita yakin tidak ada penyimpangan. Kita akan tunggu hasil pemeriksaan, baru saya bersikap,” tegas dia.

Sebelumnya, seperti dikutip dari harian Sumut Pos, diberitakan adanya pemeriksaan sejumlah pejabat tinggi Kabupaten Nias Selatan pada Rabu (4/7/2012).

Para pejabat itu diduga terlibat penyalahgunaan dana proyek bantuan penanggulangan bencana daerah (BPBD) di daerah Hilimbaruzö, Kecamatan Mazö yang bersumber dari dana APBD tahun anggaran 2011 sebesar Rp 5 miliar.

Mengutip Kasi Penkum Kejatisu Marco Simaremare, para pejabat itu diperiksa masih dalam tahap klarifikasi karena kasus itu masih dalam tahap penyelidikan.

Harian Sumut Pos juga merilis beberapa nama yang diperiksa tersebut di antaranya, mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nisel Foluaha Lajira, Kadis Sosial Tandramböwö Lase, Bendahara BPBD Darma Winata Nehe, PPK Bencana Alam Dinas PU Adventinus Zendratö.

Sedangkan para kontraktor yang menangani proyek tersebut juga turut dipanggil, diantaranya Direktur CV Soakhe Faigiha Laia, Wakil Direktur CV Agung Setia Haogöziduhu Sadawa, dan Direktur CV Selatan Mandiri Antonius Dachi.

Surat panggilan mereka diterbitkan pada 29 Juni 2012 yang ditandatangani oleh An. Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Assisten Intelejen Raja Nafrizal SH. Para pejabat dan kontraktor tersebut diminta untuk menemui Kasi I pada Asisten Intelijen Kejatisu Julfikar Nasution SH pada tanggal 4 Juli 2012 hingga 6 Juli 2012. (EN)

5 Responses to “Bupati Idealisman Benarkan Pemeriksaan Pejabatnya oleh Kejatisu”

  1. 1
    Fardin Laia Says:

    Merubah Mindset Birokrasi sangat penting dalam mewujudkan good governance baik ditingkat local maupun nasional, karena selama ini Bencana alam yang seharusnya itu adalah bencana, tapi sekelompok elit (politikus busuk), yang berkepentingan menganggap itu adalah Anugrah, dan itulah realita yang terjadi dinegara kita saat ini, karena dengan adanya bencana maka otomatis proyek bantuan akan ada juga, jadi yang diusahakan bukan bagaimana cara mengatasi atau mengurangin beban rakyat, tapi bagaimana cara menambah beban rakyat dengan menggelapkan dana bantuan tersebut, semoga saja ini tidak menambah murka Tuhan kepada manusia yang ada dimuka bumi ini.
    semoga saja pemerintah Nias selatan dalam hal ini adil dalam menanggapi kasus ini, artinya mohon maaf sebelumnya jangan dulu mengambil suatu keputusan bahwa itu tidak benar. jadi, terbukti atau tidak terbukti adanya penyimpangan itu masalah belakangan toh juga mereka yang terlibat dan yang melaporkan yang bertanggung jawab, yang terpenting saat ini para penegak hukum (yudikatif), harapan kami khususnya masyarakat nias selatan dengan sunguh – sunguh memeriksa kasus ini,dan jika terbukti adanya penyimpangan maka berikanlah sanksi yang setimpalnya dan kalau perlu pejabat yang terlibat tidak usah lagi menjadi Politisi (dipecat tidak hormat dari jabatan politik).

    SAATNYA KEADILAN DITEGAKKAN SETEGAK-TEGAKNYA ………!!!
    MASYARAKAT NIAS BANGKIT……………!!!

  2. 2
    Yaa Zai ( Nias Utara ) Says:

    itulah Pejabat-pejabar kita di Nias, kita dibantu malah dikorupsikan. Kita sudah ditimpa bencana malah menambah bencana, dibantu malah dikorupsi. Aduh…apa tidak malu???????. Harapan Kami sebagai Mahasiswa yang ada dijogja sangat mengharapkan alangkah baiknya pejabat pejabat kita di Nias itu menjadi Pejabat-Pejabat yang transpran. Masyarakat sudah menanti apa janji-janji wakil rakyat – pejabat2 yang terhormat..jadi kapan lagi pejabat2 yang terhormat ini berpihak kepada masyrakat? saya sangat mendukung Bapak Idealismen Dachi untuk saling memberantas para koruptor2 yang tidak tahu malu itu… Pecat Saja Pak!!! Semoga dimasa kepemimpinan bapak menjadi lebih baik dan Lembaga yang bapak pimpin menjadi lembaga yang transpran. ” Setiap Pemimpin ada Zamannya, Mereka berjasa kepada rakyat. pelabgai dasar telah dicoba, menjadikan negara kita Hebat!!!” Berantas Korpusi… Tuhan Memberkati

  3. 3
    Ardy Says:

    Untuk Bpk Bupati NISEL…
    Tolong perhatikan kondisi jalan dan listrik di kampung saya !!
    mulai dari desa harefa sampai oladano…
    tidak tersentuh sedikitpun jalan aspal, apalagi Listrik !!

  4. 4
    ELIRAMA NRURU Says:

    harapan kami kepada bapak bupati NIAS SELATA(IDEALISMAN DACHI SERTA JAJARANYA….,TOLONG perhatikan masyarakat nias selatan, pembangunan jalan ini antara KEC.LAHUSA DAN KEC.GOMO,, MOHAN secepatnya di perhatikanlah, pak, masyarakat kecil……….gbu

  5. 5
    zay Says:

    pendapat saya jangalah ada korupsi di nias agar masyarakat di nias tidak ada jatuh niskin.bagi bapak bupati adealisman harap pertmintaan saya ini di kabulkan…………..

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

July 2012
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031