Plt Kadis Dukcapil Nias Selatan Restu Jaya Duha (Foto: EN)

NIASONLINE, Jakarta – Pemerintah Kabupaten Nias Selatan akhirnya menggelar perekaman perdana E-KTP. Pendaftaran perdana itu diawali di Kecamatan Teluk Dalam dan dibuka oleh Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi.

“Perekaman perdana ini dibuka oleh Bupati dengan Bupati dan istri menjalani perekaman pertama. Kemudian diikuti oleh Ketua DPRD dan istri, Wakil Bupati dan istri, dan demikian seterusnya,” ujar Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Restu Jaya Duha kepada Nias Online, Selasa (3/7/2012).

Restu menjelaskan, untuk perekaman ini, belum semua kecamatan bisa melaksanakannya. Sebab, sekitar 9 kecamatan lainnya masih dalam penyiapan akhir koneksi peralatan dengan perangkat server di Kantor Kementerian Dalam Negeri. Beberapa kecamatan tersebut berada di kawasan Pulau Pulau Batu.

“Seyogyanya serentak. Tapi ada beberapa kecamatan yang belum online. Untuk awal Juli ini, serentak 9 kecamatan melakukan perekaman. Sedangkan sisanya, sedang dirakit dan dikoneksikan dengan server pusat E-KTP Kantor Kemendagri di Jakarta. Semoga Juli ini semua sudah jalan,” jelas dia.

Dia menjelaskan, jumlah penduduk Nisel per 18 Juni 2012 berdasarkan data olahan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) mencapai 365.094 jiwa. Sedangkan penduduk yang wajib rekam E-KTP sebanyak 225.459 jiwa.

“Rinciannya, laki-laki sebanyak 111.908 jiwa dan perempuan sebanyak 113.351 jiwa,” kata dia. (EN)

Facebook Comments