Ini Dia 10 Kesalahan Kecil Berdampak Besar yang Pernah Terjadi

Sunday, July 1, 2012
By susuwongi

Ilustrasi (Foto: fjodikin.blogspot.com)

NIASONLINE, Jakarta – Banyak kesalahan kecil yang benar-benar dampaknya kecil. Tapi tidak sedikit kesalahan kecil yang menimbulkan sesal besar di kemudian hari.

Banyak penyebab. Kecerobohan, ketidaktelitian, ataupun penganggapremehan.
Sejarah dunia mencatat, banyak sekali kerugian besar yang dilakukan karena pengabaian terhadap hal-hal kecil.

Beberapa di antaranya, adalah seperti 10 kasus berikut ini:

1. ‘Saktinya’ Tombol hapus (delete) di keyboard komputer

Gara-gara seorang teknisi di India menekan tombol delete tanpa sengaja pada saat pembarun aplikasi yang rutin terjadi, seluruh transaksi sepanjang hari di Royal Bank of Scotland (RBS) terhapus dan menyebabkan sistem lumpuh. RBS pun menangguk kerugian sebesar a £1,7 miliar atau Rp24,929 triliun.

2. Spesifikasi cat teleskop Hubble

Pembangunan Satelit Hubble mencapai £1,3 miliar atau Rp19,063 triliun, yang dilakukan secara hati-hati selama 5 tahun. Teleskop yang diluncurkan pada 1990 itu yang memungkinkan peneliti bisa melihat lebih jauh ke antariksa nyaris tak berfungsi hanya gara-gara spesifikasi cat yang tidak sesuai.

Ternyata, cat yang digunakan pada teleskop Hubble itu membuat cermin pada teleskop mengalami kegagalan fungsi. Selisih spesifikasi cat yang terpasang dengan yang seharusnya, hanya empat mikron saja atau 25 kali lebih kecil dibanding rambut manusia.

Gara-gara kesalahan itu, perbaikan teleskop itu memakan biaya sebesar £300 juta atau setara Rp4,4 triliun.

3. Skala pengukuran berbeda di NASA

Dua tim insinyur menggunakan sistem pengukuran berbeda saat membangun wahana luar angkasa senilai £80 juta atau setara Rp 1,173 triliun.

Tim insinyur dari Lockheed Martin menggunakan skala imperial yaitu: inci, kaki dan pounds sementara staf NASA menggunakan metrik: centimeter, meter, gram dan newton.

gara-gara perbedaan itu, wahana angkasa Mars Orbiter melewati Mars terlalu dekat pada misi September 1999. Alhasil, wahana itu meledak karena memasuki atmosfir Mars dalam sudut yang salah.

4. Kelebihan satu angka Nol

Kejadian ini terjadi di JP Morgan Chase. Bank investasi itu menawarkan pekerjaan dengan gaji £ 2 juta (2.000.000) per tahunnya. Tapi, bank itu ternyata melakukan kesalahan dengan dengan kelebihan satu angka nol dari seharusnya £ 200.000. Akibatnya, nilai gaji meningkat 10 kali lipat.

Karena tawaran yang menggiurkan itu, seorang pedagang valuta asing mengundurkan diri dari pekerjaannya untuk mendapatkan posisi itu.

Kontrak pun ditandatangani. Tapi belakangan, JP Morgan Chase menarik kontrak itu pada Desember 2012 karena menyadari ada kesalahan. Sang pekerja pun menuntut ganti rugi £580 ribu. Untungnya, kasus itu ditolak pengadilan tinggi London awal tahun ini.

5. Kurang angka nol

Ini dialami perusahaan asuransi Prudential Amerika pada 1978. Saat itu, meminjamkan £100 juta kepada perusahaan jasa pengiriman dan kargo.

Sebagai jaminannya, semua kapal milik perusahaan itu dijadikan barang jaminan. Bangkrutnya perusahaan itu pada 1986, Prudential berharap bisa mendapatkan ganti senilai £58 juta (58.000.000).

Sayangnya, karena kesalahan penulisan oleh sekretaris di perusahaan itu, tiga angka nol pada angka tersebut tidak tercantum. Alhasil, Prudential hanya mendapatkan ganti rugi senilai £58 ribu (58.000) saja.

6. Salah perhitungan sebabkan kecelakaan pesawat tempur

Akibat salah perhitungan ini, dialami oleh pesawat pengebom siluman B-2 dengan kecelakaan. Pasalnya, terjadi kondensasi yang menyebabkan sensor kecil pada pesawat itu.

Pada awalnya mekanik menemukan faktor kelembaban menganggu sensor tekanan udara. Kemudian memperbaikinya dan melakukan kalibrasi ulang sensor itu.

Sayangnya, mereka salah memperhitungkan bahwa kelembaban pada sensor itu bisa hilang karena adanya penguapan.

Alhasil, pesawat canggih itu celaka di Kepulauan Pasifik di Guam, Februari 2008. Pilot selamat tapi akibatnya, pembangunan generasi pengebom siluman B-2 dihentikan seluruhnya.

Bila disetarakan dengan nilai pesawat itu, maka akibat dari kesalahan perhitungan itu mencapai £896 juta.

7. Satu yen untuk 610 ribu saham

Gara-gara kesalahan seorang staf di perusahaan Mizuho Securities., seorang broker Jepang kehilangan firma miliknya seharga £145 juta dengan menjual 610 ribu saham untuk satu yen saja.

Seharusnya, satu lembar saham seharga 610 ribu yen, bukan sebaliknya. Upaya petinggi Mizuho menghentikan penjualan itu pada Desember 2005, tidak membuahkan hasil.

8. Sinyal Tanda Bahaya minta tolong justru picu kebakaran hebat

Pemburu bernama Sergio Martinez mengirimkan sinyal tanda bahaya (flare) untuk minta bantuan karena tersesat saat berburu kijang di California.

Ternyata, flare yang dilemparkannya memicu kebakaran besar yang kemudian melahap 2.300 rumah dan menewaskan 15 orang di daerah Cedar Fire.

Api baru berhasil dipadamkan 11 hari kemudian setelah melumat 300 ribu are. Martinez pun dihukum kerja selama enam bulan dan 960 jam kerja sosial.

9. Sebuah mur kendur pemicu huru-hara

Ini terjadi pada 1977 di Newyork. Bermula dari sambaran kilat pada generator perusahaan listrik ConEdison. Sekring pada generator yang harusnya bisa mencegah pemadaman listrik akibat sambaran kilat itu.

Tapi ternyata, para teknisi justru lupa mengencangkan satu mur yang mengakibatkan terjadinya pemadaman listrik 24 jam. Akibat pemadaman itu, terjadi kerusuhan, vandalism dan pembakaran serta penjaran di seluruh penjuru kota.

Tercatat, lebih dari 1.616 toko rusak, 1.037 kebakaran dan polisi melakukan penahanan sebanyak 3.776 kali. Kota Newyork pun rugi sebesar £650 juta.

10. The Beatles ditolak karena bermain gitar

Menurut Dick Rowe pada 1962, grup music berbasiskan gitar tidak memiliki masa depan alias tak akan laku lagi.

Akibatnya, grup The Beatles yang diundangnya untuk audisi gagal mendapatkan kontrak di Decca Records. Rowe pun mengontrak Rolling Stones.

The Beatles pun akhrinya digaet oleh Capitol Records. Hasilnya, The Beatles menjadi band terbesar di dunia bahkan melegenda sampai saat ini. Tentu saja, juga keuntungan yang melimpah. (EN/SPC)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

July 2012
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031