Sangat Disesalkan, Pagelaran Budaya Bawömataluo 2012 Batal Karena Jalan Rusak

Friday, May 25, 2012
By susuwongi

Hermandari saat bertransaksi membeli souvenir pada acara Pagelaran Budaya Bawömataluo 2011 (Foto: Etis Nehe)

NIASONLINE, JAKARTA – Pembatalan agenda tahunan untuk tahun kedua Pagelaran Budaya Bawömataluo 2012 disesalkan beberapa pihak. Terutama orang luar yang pada pelaksanaan pagelaran perdana tahun lalu mengkhususkan waktu untuk mengikuti acara itu.

“Gimana tuh bupati dan pejabatnya? Sayang banget (acara itu, red) gak dioptimalkan,” ujar Heru Hendratmoko, wartawan senior yang juga direktur produksi KBR 68H di Jakarta kepada Nias Online, Kamis (24/5/2012) malam.

Heru sendiri datang langsung meliput pagelaran perdana tahun lalu bersama rombongan wartawan lainnya dari media cetak, online maupun televisi.

Sementara itu, seorang Hermandari, seorang warga Jakarta yang sengaja mengunjungi acara itu bersama rekan-rekannya tidak bisa menutupi kekecewaannya mendengar informasi pembatalan acara itu.

Saat di sana, ternyata Hermandari sempat mendengar beberapa informasi mengenai sepak terjang bupati baru Nias Selatan Idealisman Dachi. Dari itu, Hermandari berharap acara tahun ini bakal tambah semarak. Tapi, ternyata malah sebaliknya, dibatalkan.

“Sedih membaca berita ini, begitu gembira ketika tahun lalu saya dengan beberapa teman berwisata ke Nias dapat menyaksikan dan turut merayakan pesta budaya Bawömataluo. Begitu besar harapan akan tambah semarak dan lebih baik penyelenggaraan pesta budaya tersebut tahun ini. Bukannya tanpa alasan karena ketika itu kami optimis mendengar bahwa bapak Bupati yang baru terpilih orangnya kapabel dan mempunyai integritas,” jelas dia kepada Nias Online yang juga dituliskannya dalam komentar langsung di bagian akhir berita pembatalan kegiatan itu.

Hermandari pun berharap pola serupa yang banyak terjadi di berbagai wilayah ini dapat segera ditangani oleh pemerintah daerah.

“Saya makin sedih membaca berita berita seperti ini dari hampir seluruh pelosok tanah air kita. Kalau tidak ada kemauan politik dari pengambil kibijakan akan hancurlah negeri tercinta ini dalam waktu tidak terlalu lama,” tandas dia. (EN)

3 Responses to “Sangat Disesalkan, Pagelaran Budaya Bawömataluo 2012 Batal Karena Jalan Rusak”

  1. 1
    Doni Says:

    Sayang yah, baru setahun udah mati suri. Padahal tahun ini saya berencana datang, karena tahun lalu tidak sempat.

  2. 2
    Marselino Fau Says:

    Ada istilah dlm bahasa Nias “Aukhu-aukhu tai manu alias hangat-hangat tai ayam” Beginilah kalau sudah tidak FOKUS akhirnya berjalan tanpa perencanaan….Maklum Fokus Pemerintah Terpecah….menjadi propinsi, mau jadi gubernur… Mendingan Konsentrasi dulu pada Pengembangan Nisel.

  3. 3
    Fardin Laia Says:

    bro Marselino, saya setuju dengan pendapat mu, kalau boleh saya tambahkan istilah dalam bahasa nias, Bamboro’ta humo’ngo’, Ba gafuria Alimano’, karena kemarin saya sempat kecewa juga dengan pernyataan pemerintah kita khususnya di kabupaten nisel, bahwa akan mencalonkan diri menjadi gubernur provinsi sumut pada pemilu 2013 mendatang, bukanya saya tidak mendukung atau meragukan pak Idealisman, memang pak idealisman sudah bisa layak karena dia bukan orang yang baru terjun dibidang politik,tetapi permasalahannya bagaimana kalau pak idealisman fokus dulu dalam pengembangan pembangunan Nias selatan karena masih banyak yang perlu dibenahi, apalagi ada rencana kedepanya Nias akan menjadi 1 provinsi. memang sisi positifnya ada bahwa kita bisa buktikan kepada provinsi Sumut juga kalau Putra nias juga dapat memimpin, tetapi apa gunanya nanti kalau kabupaten nias selatan masih jauh ketertinggalan.
    tetapi, semua keputusan ada ditangan pak idealisman, yang penting pasti masyarakat akan sangat kehilangan seorang pemimpin yang mana semenjak pemerintahannya banyak perubahan yang dirasakan oleh masyarakat nias sendiri, khususnya kab. Nisel.

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

May 2012
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031