Bupati Idealisman: Jalan Ke Bawömataluo Dibangun Tahun Ini

Friday, May 25, 2012
By susuwongi

Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi (Foto: EN)

NIASONLINE – Pembatalan pagelaran budaya Bawomataluo oleh pemerintah desa Bawömataluo karena alasan kerusakan parah jalan akses ke desa itu disesalkan banyak pihak.

Jalan itu bukan baru rusak, tapi sudah mulai dari tahun lalu, bahkan sebelum acara pagelaran perdana pada Mei 2011.

Dimintai tanggapan mengenai respons pemerintah kabupaten Nias Selatan mengatasi kerusakan jalan tersebut, Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi memastikan tahun ini jalan sekitar 3 kilometer tersebut akan dibangun.

“Tahun ini akan dibangun. Saat ini sedang proses tender,” ujar dia kepada Nias Online melalui pesan singkat, Jum’at (25/5/2012).

Bahkan kata dia, tidak hanya jalan akses utama itu, juga telah disediakan anggaran sebesar Rp 5 miliar untuk membangun jalan lingkar (ring road) menuju desa kandidat warisan dunia (world heritage) di Unesco tersebut.

Sebelumnya, Kepala Desa Bawömataluo Ariston Manaö mengungkapkan, rencana pagelaran budaya Bawömataluo 2012 terpaksa dibatalkan karena kerusakan parah pada jalan akses menuju desa itu sepanjang sekitar 3 kilometer.

Kerusakan jalan itu akan mengganggu kenyamana pengunjung bahkan juga rawan kecelakaan. Dia mengatakan, berdasarkan informasi yang diperolehnya, Pemda baru mengalokasikan anaggaran untuk pembangunan jalan itu pada 2013. (EN)

3 Responses to “Bupati Idealisman: Jalan Ke Bawömataluo Dibangun Tahun Ini”

  1. 1
    Lature Says:

    kami dari Masyarakat Desa Bawomataluo, mengharapak kepada seluruh lapisan masyarakat baik pemerinatahan dan Badan Legislatif kabupaten nias selatan, tokoh masyarakat. kami mengharapkan agar pergelaran budaya tahun 2012 bisa dilaksanakan, dimana pergelaran budaya tersebut dpat memacu perekonomian khusus masyarakat nias selatan dimana pergelaran budaya tersebut dapat di ekspos diluar negeri maupun didalam negeri,dimana kepulauan nias khusunya nias selatan tersohor lagi dimata masyarakat Dunia, dan itu merupakan omset yang paling menguntungkan bagi pendapatn daerah maupun masyarakat, baik yang punya penginapan maupun yang punya keahlian seni ukur dapat menerima percikan dari wisatawan yang berkunjung. apa lagi pada tahun ini juga diadakan pertandingan surfing itu malahan paling top lagi. kami dari masyarakat mengatakan bahhwa nias selatan itu makmur sebenarnya apabila pemerintahan mampuh merangkul dan bekerjasaman untuk membangun nias selatan, kami pikir banyak faktor yang sangat menguntungkan yaitu :
    1. Faktor Pariwisata
    2. Faktor Perikanan
    3. Faktor Pertanian
    dalam ke tiga faktor tersebut satu – satu mengacu perekonomian yang sangat baik buat nias selatan.
    kami mengharapkan kepada Pemerintahan Kabupaten Nias Selatan baik badan legislatis maupun elemen masyarakat mari kita bergandeng tangan agar pulau nias ini khususnya nias selatan dapat bersaing / berkembang dengan kabupaten yang lain yang ada di Nusantara ini.

  2. 2
    jhon Says:

    Memang susah pemimpin yang memiliki pola pikir SUKUISME dari pada pola pikir pemimpin yang NASIONALIS,contohnya,pemimpin diNISEL,mereka merelakan ivent berharga seperti pagelaran budaya Bawomataluo batal,sebab mereka tidak merasa memiliki Bawomataluo,karna mereka bukan warga Bawomataluo,bagaimana mau bisa duduk dikursi tingkat I (GUBSU),…..?ini pertanyaan besar buat warga NISEL,khususnya Bawomataluo,saohagolo.

  3. 3
    ALIYUS HALAWA Says:

    Pemimpin yang baik selalu memikirkan masa depan baik sisi Negatif, Positifnya dan cerdas dalam mengambil suatu keputusan.

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

May 2012
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031