Jalan Akses Rusak Parah, Pagelaran Budaya Bawömataluo 2012 Batal

Thursday, May 24, 2012
By susuwongi

Salah satu potret kerusakan jalan pada Mei 2011 saat pelaksanaan Pagelaran Budaya Bawömataluo 2011. Sampai saat ini, kerusakan semakin parah dan belum juga diperbaiki oleh pemerintah daerah Nias Selatan (Foto: Etis Nehe)

NIASONLINE, JAKARTA – Pagelaran budaya di Desa Bawömatauo yang direcaakan digelar lagi pada tahhun ini dipastikan batal.

Pasalnya, jalan menuju desa itu, khususnya dari simpang Ndraso ke Desa Bawömataluo sepanjang hampir 3 kilometer kilometer rusak parah.

“Terpaksa kita undurkan jadwalnya, mengingat akses jalan sekitar ke Bawömataluo rusak berat, rawan kecelakaan,” ujar Kepala Desa Bawömataluo Ariston Manaö kepada Nias Online, Kamis (24/5/2012).

Kerusakan jalan itu sebenarnya sudah berlangsung sejak tahun lalu. Bahkan saat pelaksanaan pagelaran perdana pada Mei 2011. Cuma saat itu belum terlalu parah. Meski begitu, karena aspal jalan itu mulai mengelupas dan membentuk lubang di sekujur badan jalan, tak ayal sempat membuat pengunjung ada yang mengalami kecelakaan.

Pagelaran budaya yang digagas warga Desa Bawömataluo itu untuk membangkitkan kembali kepariwisataan di desa itu pada tahun lalu dibuka oleh Wakil Bupati Nias Selatan Hukuasa Ndruru, mewakili Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi yang berhalangan hadir.

Usai pagelaran yang berlangsung tiga hari itu, Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi juga, kepada Nias Online, pernah menyatakan akan memperbaiki semua jalan-jalan akses ke daerah tujuan wisata, termasuk ke desa Bawömatauo. (EN)

2 Responses to “Jalan Akses Rusak Parah, Pagelaran Budaya Bawömataluo 2012 Batal”

  1. 1
    Hermandari Says:

    Sedih membaca berita ini, begitu gembira ketika tahun lalu saya dengan beberapa teman berwisata ke Nias dapat menyaksikan dan turut merayaka pesta budaya Bawomatauo. Begitu besar harapan akan tambah semarak dan lebih baik penyelenggaraan pesta budaya tsb tahun ini. Bukannya tanpa alasan karena ketika itu kami optimis mendengar bahwa bpk Bupatinyg baru terpilih orangnya kapabel dan mempunyai integritas.
    Saya makin sedih membaca berita berita seperti ini dari hampir seluruh pelosok tanah air kita. Kalau tidak ada kemauan politik dari pengambil kibijakan akn hancurlah negeri tercinta ini dalam waktu tidak terlalu lama.

  2. 2
    Marselino Fau Says:

    Bukan hanya sedih, tetapi CELAKA-lah Negara ini(mulai dari pusat samapai pelosok) kalau Pemerintah tidak ada niat membangun… padahal punya kesempatan untuk melakukannya (Bila mereka fokus membangun daerehnya mereka akan dipuja dan dicintai oleh Rakyatnya dan diberkati oleh Tuhan). Tapi realitanya ya… Sudah di depan mata…Maklum fokus pemerintah sudah terpecah antara Pragmatisme atau Idealisme.

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

May 2012
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031