Prof. Dr. Fakhili Gulö (Foto: Facebook)

NIASONLINE, JAKARTA – Satu lagi putra Nias menyandang gelar Guru Besar atau Profesor. Kali ini disematkan pada Dr. Fakhili Gulö sebagai Guru Besar pada Jurusan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sriwijaya, Palembang.

Pengukuhan sebagai Guru Besar ke-56 universitas itu dilakukan di Aula Gedung Pascasarjana UNsri, Bukit Besar, Palembang, Jum’at (27/4/2012). Hadir dalam pengukuhan tersebut,Rektor Unsri Badia Parizade, Staf Ahli Gubernur Sumsel Bidang Pemerintahan Jhonson dan civita academica Unsri.

Dalam pengukuhannya, Prof. Dr. Fakhili Gulö menyampaikan orasi ilmiah berjudul “Perkembangan Kluster Niobium Oksiklorida Menuju Material Masa Depan”.

Sekilas profil pria kelahiran Fadorohili pada 9 Desember 1964 tersebut, yang dikutip dari akun facebooknya.

Setelah menamatkan sekolah menengah atas di SMA Negeri Sirombu, Dr. Fakhili mengambil gelar Bachelor of Arts in Education bidang Chemistry and Education di Universitas Negeri Medan. Kemudian, melanjutkan ke Universitas Gadjah Mada untuk program Master of Science bidang Kimia.

Gelar Doktor bidang Teknik Material diraihnya di Université de Rennes. Selanjutnya, menempuh dua pendidikan post doctorate di Max Planck Institute for Solid State Research, Solid State University dan di Iowa State University, Amerika Serikat.

Sementara itu, dia juga menjadi pengajar di Unsri sejak Februari 1991 sampai sekarang dilantik menjadi Guru Besar. (EN/SI)

Facebook Comments