Salah Satu Tampilan Alkitab dalam Bahasa Nias (Foto: Etis Nehe)

NIASONLINE, JAKARTA – Alkitab bahasa Nias kini bisa diakses secara online. Sura Ni’amoni’o (Kitab Suci) tersebut difasilitasi secara online melalui situs www.youversion.com bekerjasama dengan Lembaga Alkitab Indonesia (LAI).

Alkitab yang biasanya juga disebut Taromali (Firman Tuhan) tersebut masih dalam bentuk ejaan lama, mulai dari Perjanjian Lama (Soera Gamabu’ila Li Sifofona) dan Perjanjian Baru (Sura Gamabu’ula Li Sibohou).

Dalam versi online ini, ada banyak kemudahan atau pun keuntungan yang bisa didapat.
Pertama, pencarian berdasarkan nama kitab, pasal dan ayatnya dengan mudah dilakukan. Tinggal mengklik fitur yang tersedia pada keterangan kitab, maka akan langsung tampil deret nama kitabnya. Selanjutnya, tinggal menggulirkan kursor, akan menampilkan deret ayat-ayatnya.

Kedua, teks kitab suci dalam bahasa Nias tersebut bisa disandingkan dengan berbagai terjemahan Alkitab lainnya dari berbagai versi maupun bahasa di dunia.

Ketiga, setiap ayat yang ditandai dengan angka memiliki fungsi lain selain penanda bagian-bagian dari teks. Dengan meng’klik’ pada ayat itu, maka seluruh teks pada ayat tersebut langsung terblok atau selected.

Pada fitur dengan keterangan selected tersebut, kemudian bila diklik lagi akan menampilkan berbagai alternatif ‘alamat’ untuk membagikan (share) ayat itu secara langsung. Salah satunya via Facebook. Termasuk untuk sekedar meng’highlight’ ayat yang telah dipilih tersebut.

Keempat, juga tersedia fitur untuk membuat catatan renungan. Catatan itu juga bisa dibagikan kepada para pengunjung situs tersebut. Untuk fungsi ini, mesti melakukan registrasi dengan mengikuti petunjuk yang sudah disediakan.

Anda mau mencobanya, silahkan akses mengklik link ini: http://www.youversion.com/bible/gen.2.nia-nia

Alkitab Bahasa Nias versi Online ini juga bisa dinikmati via smartphone dengan men-donwloadnya melalui situs www.youversion.com/mobile dan mengikuti petunjuk yang sudah diberikan. Perangkat yang tersedia App-nya adalah: iPhone/iPad, Android, BlackBerry, Windows Phone, Windows 8, HP/Palm, Java, Symbian, Mobile Web, Kindle Fire.

Selamat menikmati Firman Tuhan dalam bahasa tercinta, Bahasa Nias. (EN)

Facebook Comments